Breaking News:

TRIBUNWIKI

SOSOK Arya Kusuma, Atlet Buku Tangkis Sumut, Sempat Rela Tinggalkan Keluarga untuk Raih Prestasi

Arya memulai karir profesionalnya sejak SMP kelas 1. Saat itu ia masuk pembinaan klub PB Mutiara Cardinal Bandung (PB MCB).

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
HO
Arya saat menjadi juara 1 pada kompetisi Payahkumbuh Open, Padang. Di ajang PON Papua Oktober mendatang, ia akan mewakili Provinsi Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Provinsi Sumatera Utara tidak pernah kekurangan atlet muda berbakat. Satu di antaranya ialah Arya Kusuma.

Pria kelahiran Penggalangan, Kabupaten Serdang Bedagai, pada 14 Agustus 2000 ini merupakan atlet cabang olahraga (cabor) bulu tangkis kebanggan Sumatera Utara.

Arya memulai karir profesionalnya sejak SMP kelas 1. Saat itu ia masuk pembinaan klub PB Mutiara Cardinal Bandung (PB MCB).

Demi mewujudkan cita-citanya sebagai atlet bulu tangkis berprestasi, ia terpaksa hijrah ke Bandung, Jawa Barat, dan meninggalkan keluarganya di Medan, untuk ikut pemusatan pembinaan bersama klub PB Mutiara tersebut.

"Mau ga mau saya harus pindah ke Bandung, keluarga tetap di Medan. Dari SMP sampai Kuliah saya di Bandung," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Medan, Minggu (4/7/2021) sore.

Arya mengungkap, PB Mutiara Cardinal ini merupakan satu di antara klub besar bulu tangkis di Indonesia. Klub ini masuk ke dalam daftar 3 besar setelah, PB Djarum Kudus, Jaya Raya Bintaro, dan PB Mutiara Cardinal Bandung (PB MCB).

Baca juga: Ashanty Mendadak Urungkan Niat untuk Kontrol ke Rumah Sakit, Ternyata Gegara Hal Ini Penyebabnya

Di Bandung, selain ikut pembinaan bersama PB MCB, Arya juga fokus menjalankan pendidikannya. Terhitung, sejak SMP sampai Perguruan Tinggi ia selesaikan di sana. Ia mendapat bantuan pembiayaan pendidikan dari PB MCB, dan gratis biaya tempat tinggal, makan, dan akomodasi.

"Untuk biaya pendidikan, PB MCB bantu 50 persen, sisanya keluarga yang nanggung. Tapi kalau untuk biaya di luar pendidikan, kaya tempat tinggal, makan, akomodasi, itu semua ditanggung klub," ucapnya.

Pada Mei 2020, saat pandemi Covid-19, Arya kembali ke Medan.

Kini Arya tengah fokus mempersiapkan diri jelang perhelatan PON Papua Oktober 2021 mendatang. Untuk PON Papua, Arya bermain di kategori tunggal Putra.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved