Breaking News:

Wakil Sumut di PON Papua Ini Bandingkan Latihan Atlet Badminton di Medan dan Bandung

Arya Kusuma merupakan atlet asal Kota Medan yang aktif bermain di klub bulu tangkis Bandung, PB Mutiara Cardinal.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Arya saat menjadi juara 1 pada kompetisi Payahkumbuh Open, Padang. Di ajang PON Papua Oktober mendatang, Arya bermain di nomor tunggal putera dan beregu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Arya Kusuma merupakan atlet asal Kota Medan yang aktif bermain di klub bulu tangkis Bandung, PB Mutiara Cardinal. Ia nantinya masuk kontingen Provinsi Sumatera Utara untuk PON Papua.

Arya yang telah lama berlatih di Bandung, menjawab pertanyaan tentang perbandingan latihan atlet bulutangkis di Medan dan Bandung.

"Sama saja ya! Tidak jauh beda sebenarnya. Semua itu tergantung atletnya. Program latihannya pun sama, tidak ada yang berbeda. Cuma mungkin di sana lebih banyak sparring partner," ujar atlet yang mengidolakan Lee Chong Wei itu, Selasa (6/7/2021) sore.

Menurutnya, di Pulau Jawa, khususnya Bandung, Jawa Barat, banyak lawan tangguh untuk latihan mengasah keahlian.

Demi mewujudkan cita-citanya sebagai atlet bulu tangkis berprestasi, Arya Kusuma hijrah ke Bandung, Jawa Barat, dan meninggalkan keluarganya di Medan, untuk ikut pemusatan pembinaan bersama klub PB Mutiara Cardinal.

Baca juga: Waspadai Jonatan Christie, Wakil Sumut di PON XX Papua Ini Mengaku Tak Gentar

Menurutnya, PB Mutiara Cardinal merupakan satu di antara klub besar bulu tangkis di Indonesia. Klub ini masuk ke dalam daftar tiga besar selain PB Djarum Kudus dan Jaya Raya Bintaro.

Di Bandung, selain ikut pembinaan bersama PB MCB, Arya juga fokus menjalankan pendidikannya. Pendidikan SMP sampai perguruan tinggi ia selesaikan di sana.

"Untuk biaya pendidikan, PB MCB bantu 50 persen. Sisanya keluarga yang nanggung. Untuk biaya di luar pendidikan, seperti tempat tinggal, makan, akomodasi, itu semua ditanggung klub," ucapnya.

Pada Mei 2020, saat pandemi Covid-19, Arya kembali ke Medan. Kini Arya tengah fokus mempersiapkan diri jelang perhelatan PON Papua Oktober 2021 mendatang. Untuk PON Papua, Arya bermain di kategori tunggal putera.  (cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved