Breaking News:

WARGA Tanah Karo mesti Waspadai Banjir dan Longsor, Ini Imbauan BPBD Karo

Satu di antara kawasan yang juga sering diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras, yaitu Kabupaten Karo.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
BANJIR DI KARO - Banjir bandang menghantam Desa Pengulu, Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu. (TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL) 

Musim Hujan, BPBD Karo Imbau Warga Waspadai Potensi Longsor dan Banjir

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Beberapa waktu terakhir, sebagian besar wilayah Sumatera Utara mengalami musim penghujan.

Satu di antara kawasan yang juga sering diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras, yaitu Kabupaten Karo.

Melihat curah hujan yang cukup tinggi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, langsung memberikan imbauan kepada masyarakat ternak potensi bencana yang dapat terjadi. Menurut keterangan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karo Juspri Nadeak, adapun potensi bencana yang dapat terjadi di musim penghujan ini ialah banjir dan longsor.

"Di musim penghujan ini, kita mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai adanya potensi bencana seperti banjir dan longsor," ujar Juspri, Senin (5/7/2021).

Juspri menjelaskan, sampai saat ini pihaknya melihat jika hampir seluruh kawasan di Kabupaten Karo memiliki potensi bencana saat memasuki musim penghujan. Apalagi, seperti yang diketahui sebagian besar wilayah Kabupaten Karo memiliki kawasan yang berbukit, sehingga berpotensi untuk terjadi longsor.

"Terlebih, di kawasan yang berada di sekitar aliran sungai dan tanah yang berpori," ucapnya.

Seperti diketahui, satu di antara daerah yang sempat beberapa kali mengalami banjir bandang berada di kawasan Kecamatan Mardingding.

Diketahui, untuk kecamatan ini potensi banjir bandang ini terjadi juga akibat dari kontur tanah yang sudah tidak terlalu mengikat.

Pasalnya, seperti data yang ada jika di kawasan tersebut dulunya banyak ditanam dengan tumbuhan tua, yang juga berdampak dapat mengikat tanah dengan akar yang kuat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved