Breaking News:

Tinjau Panen Padi Varietas Unggul, Edy Rahmayadi Puji Pemkab Deliserdang

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau panen pada varietas unggul yang dikembangkan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian

Editor: jefrisusetio
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Gubernur Sumut edy Rahmayadi minta Forkopimda menyekat jalur tikus yang jadi pintu masuk ke Sumut.(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau panen pada varietas unggul yang dikembangkan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) di Pasar Miring, Balitbangtan BPTP Sumut. 

Pada saat kunjungan itu, Edy Rahmayadi ditemani Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis. Dan, Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang, Darwin Zein

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berupaya meningkatkan produksi padi di daerah. Karena itu, pengembangan bibit untuk petani terus dilakukan. 

Pemerintah menyarankan agar penggunaan bibit pada varietas unggul dan pengolahan tanah yang baik.

Selain lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, varietas unggul seperti inbrida padi sawah irigasi (Inpari) juga memiliki produktivitas yang tinggi.

Hadir juga pada acara itu, asisten I Citra Efendi Capah, Kadis Pertanian Ir Kamaluddin, Kadis Kominfo Hj. Miska Gewasari.

Selanjutnya, Kadis Ketahanan Pangan Ir. H .Herry Lubis, Kabag Perekonomian dan SDA  Setdakab Sri Ekayani, S.Sos, MAB, Camat Pagar Merbau Suparjo S.Sos beserta Muspika.

"Kalau bisa varietas padi unggul ini dapat digunakan seluruh petani yang ada di Sumut, karena serangan hama sangat minim dan hasil panennya bagus," ungkap Gubernur Edy Rahmayadi, usai memotong padi dengan sabit, sebagai tanda dimulainya panen padi varietas unggul pada lahan sawah irigasi seluas lima hektare.

Menurut Edy Rahmayadi, penggunaan padi varietas unggul akan sangat menguntungkan para petani.

Hasil panen petani bisa lebih banyak dua kali lipat dari padi biasa, dan juga tahan terhadap serangan hama dan penyakit, serta perubahan cuaca.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved