Breaking News:

Khazanah Islam

Nabi Muhammad Sebut Nama Sebaik-baik Perempuan di Alam Semesta, Ini Cara Muliakan Perempuan

Rasulullah SAW bersabda: ''Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat orang. Mereka adalah Maryam binti Imran, Asiyah binti Muzahim istri Firaun, Kh

Penulis: Dedy Kurniawan | Editor: Dedy Kurniawan
Ist
Nabi Muhammad Sebut Nama Sebaik-baik Perempuan di Alam Semesta 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam ajaran Islam yang dibawa Rasulullah Muhammad, dicontohkan cara memuliakan kaum perempuan. Di dalam Al-Quran sebagai pedoman hidup, sejumlah ayat-ayatnya menunjukkan betapa tinggi perempuan bertebaran, bahkan ada Surat An-Nisa yang berarti perempuan 

Dalam Islam juga dimuliakannya Siti Maryam, ibunda nabi Isa. Sosoknya dijadikan sebagai ideal bagi kaum perempuan yang termaktub  keimanannya sesuai Surat At-Tahrīm [66]: 11-12).

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

“Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.” (QS At-Tahrim [66]:12).

Di samping itu juga ada Asiah istri Fir aun yang begitu kokoh imannya karena harus mendampingi suaminya yang mengaku sebagai Tuhan yang maha tinggi (Qs. An-Nazi at [79]: 24).

Baca juga: Kisah Umar bin Khattab, Sahabat Rasulullah yang Paling Ditakuti, Setan pun Enggan Bertemu

Rasulullah Muhammad bahkan menyebut nama sebaik-baik wanita dalam sebuah hadist. Ini sebgai bukti Rasulullha menaruh penghormatan kepada wanita.

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حسبُك مِن نساء العالَمين أربعٌ: مريم بنت عمران، وآسية امرأة فرعون، وخديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد

Rasulullah SAW bersabda: ''Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat orang. Mereka adalah Maryam binti Imran, Asiyah binti Muzahim istri Firaun, Khadijah, dan Fatimah. (HR Ahmad)

Baca juga: Amalan Ayat Seribu Dinar Hari Jumat Waktu Mustajab, Rezeki Lancar dari Arah Tak Disangka-sangka

Ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak kemanusiaan yang sama di hadapan Allah. Semenjak Islam datang, tidak ada lagi pembedaan lebih tinggi derajat laki-laki dibanding perempuan, terutama dalam nilai taqwa dan kemanusiaannya.

Nabi Muhammad, dengan ajaran Islam, mengajarkan bahwa mereka yang bertakwalah yang memiliki kedudukan yang paling mulia di sisi Allah. Beliau juga menetapkan hak-hak perempuan, baik sebagai seorang anak, istri, saudara, atau pun ibu.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved