Breaking News:

Demi Percepatan dan Perluasan Vaksinasi, Sumut Tambah 5 Ribu Lebih Vaksinator

Jumlah vaksinator tersebut terdiri dari 4.934 nakes Pemprov Sumut dan pemko/pemkab, ditambah 453 nakes dari Polda Sumut yang tersebar di 33 kabupaten

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Ayu Prasandi
HO
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, berfoto bersama Forkopimda Sumut dan sejumlah vaksinator usai Apel Kesiapan Vaksinator di halaman Polda Sumut, Sabtu (10/7/2021). Sebanyak 5 ribu lebih vaksinator dipersiapkan untuk melakukan vaksinasi covid-19 di Sumut. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sumut menyiapkan penambahan 5.387 vaksinator yang merupakan tenaga kesehatan (nakes) dari unsur pemerintah, TNI/Polri di kabupaten/kota.

Hal itu dilakukan demi mendukung pelaksanaan vaksinasi nasional, maka dibutuhkan percepatan dan perluasan jangkauan vaksinasi. Harapannya bisa mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di Sumut.

Jumlah vaksinator tersebut terdiri dari 4.934 nakes Pemprov Sumut dan pemko/pemkab, ditambah 453 nakes dari Polda Sumut yang tersebar di 33 kabupaten/kota. 

"Dari bulan Januari 2021 kita sudah melakukan vaksinasi dan sampai saat ini terus berlangsung, tetapi butuh percepatan dan perluasan, karena itu kita butuh tenaga tambahan," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, usai Apel Kesiapan Vaksinator di Halaman Polda Sumut, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Edy, vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam rangka menghentikan penyebaran covid-19, selain penerapan protokol kesehatan (prokes) 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumuman dan mengurangi mobilitas diri.

Baca juga: Luas Lahan Food Estate di Humbahas akan Ditambah Hingga Jadi 1.000 Hektar

Selain itu, pemerintah akan turut gencar melakukan 3T, yakni testing, tracing dan treatment untuk mengetahui penyebaran covid-19 di suatu wilayah.

Terlebih diketahui data per 9 Juli 2021 jumlah kumulatif kasus konfirmasi positif covid-19 di Sumut mencapai 38.036, bertambah 336 orang. Untuk yang meningg per tanggal tersebut ada sebanyak 5 orang.

Sedangkan total pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh sebabyak 33.763 orang, atau bertambah 241 orang.

Tentunya harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah, sehingga perlu diambil tindakan konkrit.

"Ini satu kesatuan yang saling berinteraksi, saling memperkuat sehingga tingkat penyebaran Covid-19 bisa dihentikan," tegas mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Sementara, Kapolda Sumut Irjen RZ Pol Panca Putra Simanjuntak menyatakan, bahwa program percepatan vaksinasi akan dilakukan di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten/kota se-Sumut. 

Baca juga: Bobby Nasution Angkat Bicara Soal Sanksi Kepada Masyarakat Yang Tak Patuh PPKM Darurat di Medan

Kemudian dilanjutkan ke berbagai lokasi lainnya seperti sekolah maupun universitas.

Untuk itu jenderal polisi bintang dua itu mengajak kepada masyarakat agar aktif melaksanakan program vaksinasi yang terus digalakkan oleh pemerintah.

"Kita tentu tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dari semua elemen masyarakat, untuk mendukung tercapainya target 2 juta vaksinasi per hari," ujar Panca.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved