Breaking News:

Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan di Toba, Mayoritas Berasal dari Kluster Pesta Adat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea mengatakan klaster penyebaran Covid-19 di Toba adalah pesta adat. 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN
Petugas medis saat menyuntikkan vaksin kepada penerima vaksin di halaman kantor DPRD Kabupaten Toba, Rabu (10/3/2021).(TRIBUN MEDAN/MAURITS) 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Toba terus meningkat setiap hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea mengatakan klaster penyebaran Covid-19 di Toba adalah pesta adat. 

Menurutnya, peningkatan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Toba mengharuskan masyarakat dan pemerintah bekerjasama dalam penanggulangan penyebarannya. 

Bahkan sebagai tenaga kesehatan (nakes), pihaknya kini memiliki tugas baru sebagai vaksinator dan garda terdepan penanggulangan Covid-19

"Selain vaksinasi, kita juga ikut serta dalam penanggulangan Covid-19, ini sejalan. Apalagi, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Toba ini semakin meningkat," ujar Kadinkes Juliwan Hutapea saat dikonfirmasi pada Sabtu (10/7/2021). 

"Kita berharap bahwa ini semua tanggung bersama, masyarakat harus betul-betul menjalankan protokol kesehatan (prokes). Apalagi sejauh kita lihat, banyak kasus itu dari pesta," sambungnya. 

Setelah mendapat informasi dan kemudian di analalisis, pihak Foum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Toba memutuskan meniadakan pesta yang akan dituangkan dalam Surat Edaran Bupati. 

"Itulah yang kita bicarakan di Forkopimda beberapa hari lalu," sambungnya. 

Penanggulangan Covid-19 bagi pasien yang terkonfirmasi positif dilakukan dengan dua cara yakni isolasi mandiri dan isolasi di rumah sakit.

Hingga saat pihak kesehatan di Toba melihat secara detail apakah seorang pasien Covid-19 di Toba harus isolasi mandiri (isoman) atau harus dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved