Breaking News:

Disdik Karo Tunda Pembelajaran Tatap Muka, Pengenalan Sekolah Dilakukan Daring

Semua materi pembelajaran juga diberikan kepada siswa dengan sistem Daring.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
PEMKAB Karo menggelar rapat rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM), di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (29/6/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karo kembali memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Terutama di masa pelaksanaan tahun ajaran baru yang akan dimulai pada Senin (12/7/2021).

Berdasarkan surat edaran dari Disdik Karo per tanggal 7 Juli 2021 lalu, pihak Disdik memutuskan untuk menunda pembelajaran tatap muka dikarenakan situasi pandemi penyebaran virus corona yang masih cukup tinggi. Selain itu, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara juga hingga saat ini belum memberikan rekomendasi bagi seluruh daerah di Sumatera Utara untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Diketahui, pada pembelajaran tahun ajaran baru, bagi siswa yang baru masuk ke tingkat Sekolah Dasar ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) dibutuhkan pengenalan sekolah barunya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Karo Dr Eddi Surianta Surbakti mengungkapkan, untuk pengenalan sekolah dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring). Dirinya mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan seluruh sekolah di bawah jajarannya agar melaksanakan hal serupa.

"Kita kembali menunda pembelajaran tatap muka. Untuk siswa yang baru, pengenalan sekolahnya juga dilakukan secara daring," ujar Eddi, Minggu (11/7/2021).

Selain itu, di dalam surat edaran tersebut juga dijelaskan segala proses pembelajaran di masa tahun ajaran baru ini dilakukan secara daring. Eddi menjelaskan, pihaknya juga telah meminta kepada seluruh kepala sekolah dan guru agar mempersiapkan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada.

Baca juga: DISDIK Karo Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Karo juga berencana melakukan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). "Simulasi sementara tetap akan kita lakukan, dan pelaksanaannya juga terbatas. Karena ini kan bukan berarti memastikan pembelajaran tatap muka dilakukan," katanya, Rabu (30/6/2021).

Eddi mengungkapkan, sebelum memutuskan untuk melakukan simulasi sementara ini pihaknya juga sudah mempersiapkannya. Pelaksanaan simulasi sementara ini ditujukan untuk mengecek kesiapan sekolah jika nantinya pembelajaran tatap muka sudah diizinkan.

Datang ke Sekolah

EDDI mengatakan, semua materi pembelajaran juga diberikan kepada siswa dengan sistem Daring. Nantinya bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk mengikuti pembelajaran secara Daring nantinya siswa datang ke sekolah untuk mengambil materi pembelajaran secara bergantian.

"Untuk pemberian materi pembelajaran serta tugas juga diberikan secara Daring. Tapi bagi siswa yang tidak memungkinkan, siswa datang ke sekolah untuk mengambil materi pembelajaran dan tugas," ucapnya.

Eddi menambahkan, pihaknya juga meminta kepada kepala sekolah agar menginventalisir hasil pembelajaran mandiri. Nantinya setelah proses pembelajaran mandiri, pihaknya meminta kepada kepala sekolah agar mengunggah dan mengupdate hasil pembelajaran ini ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). (cr4/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved