Breaking News:

Pelaksanaan PPKM Mikro

MULAI BESOK, Calon Penumpang di Kualanamu Wajib Taat, Hasil PCR dan Antigen Begini Tak Berlaku

Mulai Senin (12/7/2021) besok, pemerintah akan memberlakukan syarat baru bagi pengguna moda transportasi udara.

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Penumpang Bandara Internasional Kualanamu menjalani vaksinasi di lantai 1, Kebupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (6/7/2021). (TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid) 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Mulai Senin (12/7/2021) besok, pemerintah akan memberlakukan syarat baru bagi pengguna moda transportasi udara.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, calon pemnumpang pesawat harus menunjukkan hasil tes PCR dan sertifikat vaksinasi.

Hasil tes PCR ini harus dikeluarkan laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Di luar lab tersebut, hasil PCR atau rapid antigen tidak berlaku untuk penerbangan.

Baca juga: SYARAT Naik Pesawat dari Sumut, Harus Tes PCR di 30 Laboratorium Ini, Berlaku Mulai 12 Juni

Menanggapi hal tersebut, Sub Koordinator Surveilans Epidemiologi KKP Kelas I Medan, dr Zakirman mengatakan, masih dalam pembahasan untuk menerapkan pemberlakuan tersebut.

"Ini masih dibicarakan dengan pimpinan, karena kalau diikuti dengan peraturan itu. Jadi belum ada keputusan hingga saat ini, mungkin besok akan dirapatkan," ujar dr Zakirman melalui sambungan seluler, Minggu (11/7/2021).

Lanjut dr Zakirman, untuk sementara keberangkatan di Bandara Internasional Kualanamu masih memberlakukan peraturan yang lama sampai ada keputusan dari peraturan yang baru ini. 

"Arahannya memang sudah harus terlaksana, tapi itu belum ada kebijakan pimpinan," ujar dr Zakirman. 

Sementara itu, ada 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes sebagai syarat penerbangan, untuk memastikan keamanan setiap penumpang dalam bepergian serta menekan laju penyebaran virus corona.

Daftar laboratorium pemeriksa tes PCR tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19.

(cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved