Breaking News:

Sejarah Konflik Palestina-Israel, Berawal Raja Salomo Bangun Kuil Pertama Kerajaan Israel

Ini berakar pada 957 SM ketika Raja Salomo membangun kuil pertama di kerajaan Israel.

Kolase Tribun Medan/IST
Ilustrasi Masjid Al Aqsa dan Raja Salomo 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak banyak yang mengetahui duduk persoalan penyebab konflik antara Israel dan Palestina yang tidak kunjung  damai.

Hingga  saat ini sudah banyak korban nyawa berjatuhan, kawasan pemukiman dirampas, bangunan di Pemukiman Palestina rata dengan dengan tanah baih dibolduser maupun dibombardir dan dibakar oleh pihak Yahudi.  

Dilansir Tribun-Medan.com dari Intisari Online, disebutkan eskalasi terbaru dari konflik ant­ara Israel dan Hamas, telah menewaskan sedikitnya 115 warga Palestina di Gaza, termasuk 14 anak-anak dan tiga wanita.

Selain itu, serangan udara Israel juga telah menghancurkan sebagian besar gedung bertingkat tinggi di pusat Kota Gaza dan menewaskan serangkaian tokoh senior militer Hamas.

Sementara itu, Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza, dan sekutunya terus menembakkan roket ke wilayah sipil di Israel tengah dan selatan.

Warga Palestina mengevakuasi seorang pria yang terluka selama bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di depan Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Senin, 10 Mei 2021.
Warga Palestina mengevakuasi seorang pria yang terluka selama bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di depan Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Senin, 10 Mei 2021. (AP PHOTO/MAHMOUD ILLEAN)

Bagaimana sejarah di balik konflik Israel-Palestina dan apa yang terjadi sekarang?

Konflik Israel-Palestina adalah salah satu konflik terlama dan paling kontroversial di dunia

Ini berakar pada 957 SM ketika Raja Salomo membangun kuil pertama di kerajaan Israel.

Kuil ini dihancurkan oleh Nebukadrezar II dari Babilonia pada tahun 587/586 SM.

Meskipun orang Yahudi dan Muslim Arab menyatakan klaim mereka atas tanah itu sejak beberapa ribu tahun yang lalu, konflik politik saat ini dimulai pada awal abad ke-20.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved