Breaking News:

STIE Mikroskil Bekali Pengetahuan Kewirausahaan kepada Masyarakat Kampung Nelayan Seberang

STIE Mikrsokil hadir dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kampung Nelayan Seberang–Kecamatan Medan Belawan I

Editor: Ismail
Dok. STIE Mikroskil
STIE Mikroskil dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai kewirausahawan (entrepreneurship) kepada ibu rumah tanggadi Desa Kampung Nelayan Seberang–Kecamatan Medan Belawan I, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Sebagai upaya nyata mendukung pemerintah meningkatkan jumlah pelaku usaha, STIE Mikroskil hadir dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kampung Nelayan Seberang–Kecamatan Medan Belawan I.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai kewirausahawan (entrepreneurship) kepada ibu rumah tangga di Kampung Nelayan.

Sebagian dari ibu rumah tangga di Kampung Nelayan ada yang sudah menjadi pelaku usaha  yang memiliki semangat untuk berwirausaha sebagai salah satu alternatif sumber penghasilan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

STIE Mikroskil dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai kewirausahawan (entrepreneurship) kepada ibu rumah tanggadi Desa Kampung Nelayan Seberang–Kecamatan Medan Belawan I, Selasa (6/7/2021).
STIE Mikroskil dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai kewirausahawan (entrepreneurship) kepada ibu rumah tanggadi Desa Kampung Nelayan Seberang–Kecamatan Medan Belawan I, Selasa (6/7/2021). (Dok. STIE Mikroskil)

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan pada Selasa (6/7/2021) yang lalu diketuai oleh Hanny Siagian, S.E., M. Si. dengan anggota William, S. Kom., M.M. dan Nasrul Efendi, S.E., M.Si serta didukung oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pemaparan tujuan dilakukannya kegiatan penyuluhan tentang kewirausahaan kepada masyarakat Kampung Nelayan Seberang oleh Ibu Hanny Siagian, S.E., M. Si.

Kegiatan ini secara umum diharapkan akan memberikan manfaat kehidupan yang lebih baik ketika para peserta bisa memahami dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki seorang wirausahawan, sehingga usaha yang mereka lakukan dan jalankan  dapat semakin berkembang di masa yang akan datang dan mampu  menghasilkan pendapatan yang lebih besar dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi warga Kampung Nelayan.

Kegiatan selanjutnya pada sesi pemaparan materi kewirausahaan, Bapak William, S.Kom., M.M. menyampaikan untuk menjadi seorang wirausaha perlu memiliki mimpi atau keinginan dengan senantiasa berorientasi pada tindakan (action oriented).

Wirausaha tidak boleh hanya bermimpi, berkata-kata, berpikir atau berwacana saja, melainkan dituntut untuk mampu melihat peluang, menghadapi risiko, ketidakpastian, keterbatasan serta terus berpikir tentang perubahan sesuai dengan tuntutan perubahan yang terjadi di lingkungan kehidupan sosial maupun ekonomi.

Wirausaha juga harus senantiasa berpikir produktif sehingga mampu meraih peluang untuk menghasilkan atau menambah nilai suatu produk baik barang maupun jasa yang ditawarkan ke pasar nantinya.

Di sesi selanjutnya dilakukan sharing pengalaman memulai usaha oleh Nasrul Efendi, S.E., M. Si. menyampaikan bahwa memulai usaha merupakan proses belajar. Tiga hal paling mendasar,  yang dikenal dengan konsep 3D - Disiplin, Dedikasi dan Determinasi dibutuhkan untuk meraih keberhasilan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved