Breaking News:

150 Karateka Kala Hitam Latgab Jelang HUT ke 50

Jelang hari jadinya yang ke 50, 150 karateka Kala Hitam adakan latihan bersama

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Array A Argus
HO
Karateka Perguruan Kala Hitam Sumatera Utara saat gelar latihan gabungan. Kegiatan ini dilaksanakan di Dojo Pondok Mansyur, Jalan Dr Mansyur, Kota Medan, Minggu (11/7/2021) lalu.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN-Jelang usianya yang ke- 50 tahun, Perguruan Karate Kala Hitam, Sumatera Utara, gelar latihan gabungan (Latgab).

Adapun kegiatan ini mengambil tema, 'Dengan Latihan Bersama Mari Kita Rajut Kembali Tali Silaturahmi di Tengah Pandemi Covid-19'.

Kegiatan latihan gabungan (combined training) ini dilaksanakan di Dojo Pondok Mansyur, Jalan Dr Mansyur, No 87-89, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, pada Minggu (11/7/2021) lalu. 

Baca juga: Jelang Kejurnas FORKI, Karateka Sumut Ini Optimis Raih Hasil Terbaik

Latihan gabungan ini diikuti sebanyak 150 karateka dari berbagai dojo di Medan dan Deliserdang.

Selain menyambut ulang tahunnya yang ke-50, acara ini juga digelar untuk meningkatkan nilai–nilai persaudaraan  dalam rangka penyeragaman teknik karate aliran full body contact.  

Latihan dipimpin Shihan (sebutan untuk guru/instruktur organisasi karate), Herman Susilo, dan diawasi langsung oleh instruktur dojo Pondok Mansyur, Efendy Mercu dan Kaspian. 

Sementara itu, perwakilan pengurus Perguruan Kala Hitam Sumatera Utara, Shihan Abdul Azis mengatakan, latihan gabungan ini sekaligus mengukur sejauh mana daya tahan (endurance) para karateka. 

Baca juga: SOSOK Rizky Lawyer, Atlet Karate Medan, Termotivasi dari Jadi Atlet dari Sang Ibu

"Setelah latihan, dilanjutkan dengan jalan kaki dengan rute yang telah ditentukan. Semua peserta berhasil menyelesaikannya," ujarnya kepada Tribun Medan, Rabu (14/7/2021). 

Sambungnya, proses latihan ini dilaksanakan secara off line dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya, menjaga kebersihan, mencuci tangan, memakai masker sebelum dan sesudah latihan.

Selain itu, pengurus perguruan Kala Hitam di tiap daerah akan bermusyawarah terkait rangkaian acara yang dilaksanakan, hingga acara puncak nanti. 

Baca juga: Sewaktu Kecil Suka Berkelahi, Arnella Putri Wandari Didaftarkan ke Perguruan Karate

Dikatakan Azis, perguruan Kala Hitam didirikan oleh almarhum Kancho Winta Karna, pada 20 Januari 1972 dan berpusat di Medan. Hingga kini masih tetap eksis dikembangkan oleh murid–muridnya.

Sebelum latihan dimulai, Kalam Liano, selaku tuan rumah dalam sambutannya berpesan untuk tetap mempererat tali persaudaraan.

"Dalam latihan bersama ini mari kita ambil hikmahnya yakni meningkatkan persaudaraan tanpa memandang suku, agama dan ras dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia," katanya. 

Baca juga: Sosok AKP Jan Piter Napitupulu, Kapolsek Percut Seituan yang Baru, Brimob dan Atlet Karate Nasional

Dalam latihan gabungan ini diikuti oleh instruktur dan karateka senior (sensei/ senpai), di antaranya, Efendy Mercu, Abdul Aziz, Kaspian, Ariandy Mulyawan, Herman Susilo, Ruslan Efendy, Apri Hendra, Agus Suriyanto, Rudi Hartono, Reza Iskandar, Rinda Liana, Icha, Fajar Haerdiansyah, M Sukamto, dan Erwanto. 

Diakhir acara, ketua penyelenggara kegiatan, Aida V Wahab, mengucapkan terima kasih atas kebersamaan yang telah dibangun. Ia juga berharap, proses ini tetap terjaga.(cr12/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved