Breaking News:

Akademisi Fakultas Kedokteran UISU Dukung PPKM Darurat, Jangan Kendur Perketat Protokol Kesehatan

Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UINSU) Umar Zein SpPD-KPTI mengatakan, penerapan PPKM Darurat

Editor: jefrisusetio
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan keterangan saat menghadiri rapat evaluasi PPKM darurat di Pos Satlantas Polrestabes Medan, Rabu (14/7/2021). Hari ketiga PPKM darurat di Medan, polisi siagakan 1658 personel untuk melakukan penjagaan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UINSU) Umar Zein SpPD-KPTI mengatakan, penerapan PPKM Darurat di Kota Medan sudah sangat tepat. 

Pasalnya, kebijakan itu bisa menurunkan laju penularan Covid-19 di Kota Medan, Sumatera Utara. 

“Langkah seperti (PPKM Darurat) itu sudah tepat dan seharusnya  dilakukan dalam menurunkan laju penularan Covid 19 di Kota Medan. Penanganannya harus dilakukan dari  hulu yakni melakukan pembatasan di jalur perbatasan masuk Kota Medan. Saya menilai langkah ini merupakan  daya ungkit yang paling besar dalam menghambat penularan dari luar Kota Medan,” ujarnya saat memberikan keterangan. 

Ia menambahkan, penerapan PPKM Darurat diprediksi akan berhasil menekan angka penularan Covid-19 sehingga harus dilakukan secara konsiten. 

Bila tidak konsisten, lanjut dia, dikhawatirkan kasus di Jakarta bisa terjadi juga di Kota Medan. 

Menurutnya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang mulanya berlangsung ketat namun kendor mengakibatkan angka kasus penderita Covid-19 melaju tidak terkendali. 

 “Apabila penerapan PPKM Darurat berhasil menekan penularan Covid-19, saya harap terus dilakukan secara konsisten. Jika kita ingin melonggarkan kemudian diperketat lagi, takutnya angka penularan Covid-19 tidak stabil, terkadang naik dan turun. Kita akui penerapannya harus dilihat dari berbagai aspek, tidak hanya  kesehatan saja. Semua ada resikonya, tetapi menurut saya, yang paling penting dan utama dilakukan saat ini adalah menurunkan tingkat penularan  Covid-19 meski berdampak ke sektor ekonomi, sosial serta masyarakat,”  katanya seraya mengajak dan mengingatkan untuk senantiasa disiplin melaksanakan protoko kesehatan. 

Selain konsisten menjalankan PPKM Darurat, Umar Zain pun berharap agar masyarakat juga harus disiplin menjalankan segala aturan yang harus dipenuhi dalam PPKM darurat tersebut.

Jika ada yang tidak patuh dan melanggarnya, tegas Umar, harus langsung ditindak tanpa pandang bulu.

“Apabila pemerintah tegas dan konsisten dengan peraturannya, masyarakat akan patuh,” ungkapnya.

Kota Medan Zona Orange 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved