Breaking News:

News Video

Apotek Jual Obat Dengan Harga Mahal di Pantai Labu Digerebek Petugas Polresta Deliserdang

Polresta Deliserdang menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus penjualan obat mahal yang dilakukan oleh apotek di Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, LUBUKPAKAM - Polresta Deliserdang menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus penjualan obat mahal yang dilakukan oleh apotek di Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

Informasi yang dihimpun ketiga orang itu yakni SN, RBTS, dan LN.

Polisi langsung menahan ketiga orang tersangka ini.

Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol Muhammad Firdaus menyebut SN adalah pemilik apotek Global yang ada di Pantai Labu.

Sementara RBTS dan LN adalah pekerja apotek.

Disebut kalau kedua orang pekerja itu sudah mengetahui bahwa sebenarnya disaat masa pandemi seperti ini tidak diperbolehkan menjual obat lebih dari harga eceran tertinggi.

Yang sudah ditetapkan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07lMENKES/2486/2021.

" Sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Awalnya yang kita amankan dua orang pekerjanya terlebih dahulu. Baru setelah kita lakukan pengembangannya pemiliknya juga kita amankan karena orang yang menyuruh keduanya,"ucap Kompol Muhammad Firdaus Kamis, (15/7/2021) malam.

Firdaus menyebut selama ini terus melakukan pengamatan terhadap apotek-apotek yang ada di wilayah hukumnya. Beberapa apotek didatangi dan dilakukan pembelian obat.

" Jadi kita lakukan pembelian obat dan ternyata apotek di Pantai Labu ini menjual obat terlalu mahal tidak sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET),"kata Firdaus.

Pada kasus ini, pasal yg diterapkan pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 huruf a jo pasal 10 huruf a UU RI No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 2 miliyar dan atau pasal 107 UU RI No. 7 tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 50 miliyar atau pasal 55 dari KUHPidana.

(dra/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved