Breaking News:

Komunitas Ini Persiapkan Rumput Vetiver Untuk Perkuat Tanah Hindari Bencana Longsor Siantar

TKP bersama beberapa instansi atau organisasi mengambil langkah peduli untuk membantu warga dengan melakukan pembersihan dampak longsor.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Ayu Prasandi
HO
Tempat Kita Peduli membantu warga Kota Pematang Siantar yang terkena dampak bencana Longsor pada Kamis (15/7/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tempat Kita Peduli (TKP) bergerak membantu warga Kota Pematang Siantar yang terkena dampak bencana Longsor pada Kamis (15/7/2021). 

Hal itu disebabkan karena curah hujan tinggi dan juga tumpukan sampah yang sangat banyak di lingkungan masyarakat sehingga mengakibatkan bencana longsor di Jalan Singosari, Kel. Bantan, Kec. Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Maka TKP bersama beberapa instansi atau organisasi mengambil langkah peduli untuk membantu warga dengan melakukan pembersihan dampak longsor yang masih terlihat di rumah masyarakat.

"Mulai dari 3 Juli 2021 sampai dengan saat ini, tim Tempat Kita Peduli ( TKP ) merespon dan menurunkan sedikitnya 5 Relawan yang ikut dalam proses pembersihan sisa material longsor"

Baca juga: Tergiur Imbalan Rp 500 Ribu Demi Hal Ini, Samsir dan Isdian Tertunduk Lesu Dituntut 18 Tahun Bui

"Dan beberapa relawan bertugas untuk asassement tindak lanjut mitigasi bencana longsor ini yang sudah dua kali terjadi di tahun 2015 dan saat ini 2021," tutur Sekretaris Tempat Kita Peduli Siantar Simalungun Defa Oktavia Damanik. 

Ia juga mengatakan dalam hal ini Tim Tempat Kita Peduli bersinergi dan berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait guna mempercepat penanganan ini yakni Damkar, Pemerintah setempat, KBS, SEBELAS, PMII STAI UISU Pematang Siantar, dan unsur lainnya.

Di lokasi berbeda, Syukur Ricky Roy Aritonang selaku Ketua Umum Tempat Kita Peduli ( TKP ) menjelaskan, TKP berkomitmen untuk terus masif melakukan Aksi Kepedulian dalam menangani bencana longsor di Kota Pematang Siantar dan di daerah lainnya. 

"Saat ini tim juga sudah dipecah untuk beberapa fokus aksi, ada yg saat ini sedang membersihkan sisa material longsor di lokasi, ada juga yang sedang mempersiapkan rencana mitigasi seperti penanaman rumput vetiver dan pohon untuk memperkuat tanah agar bencana longsor bisa dikurangi dan dampak nya bisa di minimalisir, " ujarnya. 

Harapannya, pergerakan tim Tempat Kita Peduli ( TKP ) dan beberapa unsur instansi atau relawan dari berbagai organisasi yang terlibat dapat meringankan sedikit beban masyarakat penyintas bencana longsor tersebut.

Baca juga: Bobby Nasution Minta Warga Medan Bersabar Hadapi PPKM, Janji Beri Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Hal lain juga sebagai tindak lanjut dalam hal pengurangan resiko bencana longsor dapat terwujud dan mencapai hasil yang terbaik agar terwujudnya solusi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga lingkungan. 

"Harapan kita semua semoga bencana alam banjir cepat membaik seperti sedia kala, Aamiin, " tutupnya.

(cr9/Tribun-Medan.com)  

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved