Breaking News:

Sudah Dekat Idul Adha, Namun Penjualan Hewan Kurban Menurun Drastis

Penjualan hewan kurban di Kota Binjai menurun drastis, padahal sudah mendekati Idul Adha 1442 hijriah

Penulis: Satia | Editor: Array A Argus
HO
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian saat memeriksa kondisi sapi dan lembu milik warga di Kota Binjai, Kamis (15/7/2021).(TRIBUN-MEDAN.COM/HO) 

TRIBUN MEDAN.COM,BINJAI-Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, daya beli masyarakat terhadap hewan kurban di Kota Binjai merosot tajam, Kamis (15/7/2021).

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemko Binjai, Agustawan Karnajaya, penurunan penyembelihan hewan kurban diprediksi mencapai 25 persen. 

"Tahun ini permintaan hewan kurban kita prediksi turun. Estimasinya itu sekitar 25 persen," katanya.

Baca juga: Adab-adab dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Persiapan Niat, Pisau, dan Arah Kiblat

Dia menambahkan, pihaknya sudah melepas tim pemeriksa antemortem dan postmortem hewan kurban di peternakan Kelompok Tani Karya Bersama, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Lingkungan I, Kelurahan Bandarsenembah, Binjai Barat. 

Menurutnya, penurunan angka penyembelihan hewan kurban diperoleh berdasarkan pendataan dari seluruh masjid dan panitia di Kota Binjai, serta angka penjualan hingga distribusi di tingkat peternak. 

"Meski demikian, kami akan tetap melakukan pendataan melalui lurah, BKM dan panitia pelaksana kurban. Termasuk mendata seluruh tempat penjualan hewan qurban yang ada di Kota Binjai," ucapnya. 

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, sejauh ini penjualan hewan kurban di Kota Binjai, mulai dari sapi, lembu, kambing, hingga domba, masih di angka 1.200 ekor.

Baca juga: Hukum Kurban untuk Orang Sudah Meninggal, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Pandangan 4 Mazhab

Padahal pada momentum Idul Adha 1441 Hijriah lalu, jumlah penjualan hewan kurban mencapai lebih dari 1.500 ekor. 

"Tim kita akan menyebar ke tiap kecamatan di Kota Binjai untuk mendata jumlah populasi dan memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban, hingga 23 Juli 2021 mendatang," tambah mantan Kepala Bappeda Kota Binjai ini. 

Sementara, Ketua Kelompok Ternak Karya Bersama, Aminuddin mengakui, permintaan hewan qurban menjelang Idul Adha 1442 Hijriah mengalami penurunan hingga 30 persen dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: BERKAH IDUL ADHA, Penjual Kambing Kurban Tersenyum Lebar, Omset Tahun Ini Meningkat

Dia mencontohkan, pihaknya mengirimkan lebih dari 200 ekor sapi dan lembu di program Sumut Bequrban pada Idul Adha 1441 Hijriah. 

Namun, aku dia, tahun ini hewan qurban yang dikirim sebanyak 130 ekor. "2020 lalu masih lumayan, walaupun saat itu mulai ada pandemi covid-19. Sekarang ini malah turun drastis. Faktornya karena daya beli masyarakat yang turun," pungkasnya. (wen/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved