Breaking News:

Investasi Saham Makin Tren, Ada Tiga Papan Pengelompokan Saham yang Perlu Diketahui Pemula

Selanjutnya Pintor mengungkapkan bagi investor pemula perlu mengetahui bahwa ada tiga papan pencatatan di BEI. 

Penulis: Yufis Nianis Nduru | Editor: Ayu Prasandi
www.shutterstock.com
Ilustrasi investasi 

TRIBUN-MEDAN. com, MEDAN-Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Sumatera Utara (BEI sumut) M Pintor Nasution mengutarakan bahwa investasi makin di tengah pandemi ini. 

"Kini investasi saham di pasar modal telah menjadi tren di kalangan masyarakat karena kemudahannya dalam proses transaksi yang bisa dilakukan secara virtual dari rumah saja," kata Pintor, Jumat (16/7/2021).

Menurutnya saat ini investasi saham dianggap lebih mudah karena transaksi perdagangannnya yang dilakukan menggunakan sistem perdagangan yang terhubung dengan aplikasi yang disiapkan oleh setiap perusahaan efek yang memiliki fasilitas e-trading. 

Baca juga: Update Kasus Covid-19 di Asahan, 1 Orang Meninggal Dunia, 17 orang terkonfirmasi Positif

"Artinya, setiap perdagangan saham dicatat dan diperjualbelikan secara elektronik. Layaknya menyimpan uang di bank yakni nasabah harus terlebih dahulu membuka rekening pada bank bersangkutan demikian pula menjadi investor saham," ujar Pintor. 

Ditambahkannya investor harus membuka rekening (baik rekening efek maupun rekening dana nasabah) pada perusahaan efek atau perusahaan sekuritas dam perusahaan sekuritas pihak akan memfasilitasi transaksi investor.

Selanjutnya Pintor mengungkapkan bagi investor pemula perlu mengetahui bahwa ada tiga papan pencatatan di BEI. 

"Mengapa disebut papan padahal saat ini semua saham tercatat secara elektronik. Istilah papan mengacu pada perdagangan saham pada masa lalu ketika transaksi saham masih dilakukan secara manual.

Perdagangan saham pada masa lalu dilakukan oleh para broker perusahaan efek dengan cara menulis penawaran jual dan beli saham di papan tulis yang dipasang di dinding di lantai bursa dan para broker ini bertransaksi mewakili para investor yang menjadi nasabah di perusahaan sekuritas masing-masing," kata Pintor. 

Baca juga: 175 Orang Dilantik Sekaligus, Pemkab Deliserdang Sebut Klaim Sudah Ikuti Prokes

Dalam hal ini ia menjelaskan tiga papan tersebut isinya adalah pengelompokan saham-saham. 

Pertama papan utama berisi saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar dan jumlah pemegang saham lebih dari 1.000 pihak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved