Breaking News:

News Video

Puluhan Ribu Ton Bibit Unggul Jagung Terbaik Akan Disebar ke Masyarakat Toba

Program yang bertujuan memulihkan ekonomi nasional di bidang pertanian ini ternyata berkaca pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Toba di tahun 2020

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: heryanto

Puluhan Ribu Ton Bibit Unggul Jagung Terbaik Akan Disebar ke Masyarakat Toba

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Bupati Toba Poltak Sitorus menguraikan bahwa pihaknya akan menjamin kualitas jagung yang akan disebarkan kepada para petani yang sudah sediakan lahan.

Pemkab Toba memperkirakan lahan persawahan yang akan ditanami jagung sebanyak 3300 hektar.

"Dalam menyukseskan program ini, saya memerintahkan agar pertama, memastikan benih yang diberikan kepada petani adalah benih yang berkualitas terbaik dan asli," ujar Poltak Sitorus sat beradaptasi di areal lahan penanaman jagung di Desa Narumonda VI, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba pada Jumat (16/7/2021).

Lanjutnya, pemberian benih jagung juga harus tepat waktu dan sasaran.

"Yang kedua, memastikan pemberian benih tepat waktu, tepat jumlah sesuai lahan petani sudah siap tanam. Sekali lagi kalau lahannya belum siap tanam, tidak akan diberikan benih. Harus sudah diolah dan siap tanam. Ini agak berbeda dari sebelumnya," sambungnya.

Ketersediaan pupuk dalam perawatan jagung juga menjadi sorotan Poltak Sitorus.

"Hal ini kita lakukan supaya tepat sasaran. Kita juga pastikan ketersediaan pupuk bersubsidi, tepat waktu dan tepat jumlah," ungkapnya.

"Memastikan pendampingan penyuluh pertanian dalam tata kelola dalam penanaman jagung yang benar di lahan sawah," terangnya.

Untuk menyukseskan program tersebut, ia juga menegaskan agar para penyuluh pertanian yang ada di desa dan kecamatan berkontribusi dan aktif dalam perawatan jagung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved