Breaking News:

News Video

Wali Kota Bobby Nasution Tegaskan Pembagian Hewan Kurban Dilakukan Door To Door

Menjelang Hari Raya Idul Adha tanggal 20 Juli 2021, Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan tidak ada pembagian hewan kurban di masjid.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: M.Andimaz Kahfi

Wali Kota Bobby Nasution Tegaskan Pembagian Hewan Kurban Dilakukan Door To Door

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Menjelang Hari Raya Idul Adha tanggal 20 Juli 2021, Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan tidak ada pembagian hewan kurban di masjid.

Dikatakan Bobby, semua hewan kurban dibagikan secara door to door.

Artinya, hanya pemotongan hewan kurban saja yang diperbolehkan di masjid, untuk pembagiannya akan diantarkan langsung ke tiap-tiap rumah warga.

"Pelaksanaan pemotongan hewan kurban, kita sudah sepakati semua dengan Forkopimda. Karena melihat kalau diaturannya mesti Rumah Potong Hewan (RPH), tidak memungkinkan di RPH, kami paham. Jadi boleh di masjid-masjid, tapi panitia kurban dari masing-masing masjid kita sudah lihat," kata Bobby, Kamis (15/7/2021) kemarin.

"Sudah kita pantau dan sudah ada timnya juga. Jangan sampai ada pengumpulan massa dan pembagian hewan kurban tidak boleh datang ke masjid. Tidak boleh dilakukan di titik-titik penyembelihan hewan kurban. Door to door, langsung ke rumah-rumah masyarakat," tambahnya.

Terkait salat Idul Adha, Bobby pun meminta warga Kota Medan agar melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing.

"Untuk pelaksanaan salat Idul Adha baik di masjid ataupun di lapangan, kita minta untuk melaksanakan di rumah masing-masing," ucapnya.

Begitu pula dengan salat berjamaah saat Idul Adha, juga hanya boleh dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga.

"Bukan tidak boleh melaksanakan salat, sudah salah itu. Pemerintah tidak pernah melarang untuk melaksanakan salat. Namun, salat berjamaah yang beresiko menimbulkan penyebaran Covid, tidak diperkenankan. Salat lah di rumah masing-masing. Kalau salat berjamaah bersama keluarga masing-masing sangat boleh, silahkan," jelas Bobby.

Terkait hal ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengikuti aturan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kementerian Agama, serta Instruksi Gubernur (Ingub).

"Idul adha sudah jelas, ini dari Mendagri, dari kementerian agama, sudah jelas aturannya semua. Dari Ingub jelas dan sudah kita buat surat edarannya juga," jelas Bobby.

(cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved