Breaking News:

Info Kesehatan

Jangan Heran Ukuran Penis Anda Mengecil, Kata Peneliti Itu Salah Satu Gejala Long Covid

Oleh sebab itu, jangan heran ketika Anda merasa ukuran penis mengalami penurunan alias mengecil. Itu termasuk salah satu gejala long Covid.

Editor: Azis Husein Hasibuan
IST
Ilustrasi ukuran penis mengecil - Jangan Heran Ukuran Penis Anda Mengecil, Kata Peneliti Itu Salah Satu Gejala Long Covid 

TRIBUN-MEDAN.com - Baru dibongkar peneliti, ternyata dari 200 gejala sindrom pasca Covid-19 atau long Covid, salah satunya mengalami penurunan ukuran penis.

Oleh sebab itu, jangan heran ketika Anda merasa ukuran penis mengalami penurunan alias mengecil. Itu termasuk salah satu gejala long Covid.

Menurut peneliti, ada sekitar 200 gejala yang bisa muncul saat mengalami long Covid, seperti halusinasi hingga penurunan ukuran penis atau testis yang telah diidentifikasi sebagai gejala panjang atau long Covid.

Melansir The Independent, sebuah studi baru oleh tim peneliti di University College London (UCL), yang mana semua penelitinya pernah mengalami positif Covid-19 dan long covid, menunjukkan bahwa long covid dapat menyebabkan lebih banyak gejala, daripada yang diperkirakan sebelumnya.

“Seluruh tim peneliti adalah pasien long Covid. Itulah yang membuat kami unik dan memungkinkan kami mengidentifikasi gejala yang kurang diketahui publik, yang dialami pasien long Covid,” kata Hannah Davis, penulis utama penelitian ini.

“Kebanyakan orang tidak menyadari seberapa panjang gejala Covid-19 yang multi-sistemik, dan bagaimana sebagian besar pasien mengalami lusinan gejala di berbagai sistem organ,” jelasnya. 

Davis, yang mengalami disfungsi kognitif yang buruk, kehilangan memori, dan takikardia postural (denyut jantung super tinggi setelah berdiri) akibat long Covid, mengatakan saat ini tidak ada biomarker (molekul yang mengkonfirmasi keberadaan virus atau penyakit tertentu) untuk long Covid.

Meski demikian ia menekankan, bahwa long Covid sebenarnya dapat dikenali, mengingat banyaknya gejala baru yang dialami pasien, multi-sistemik dari gejala-gejala ini, dan gejala yang dapat dikenali, seperti malaise (rasa dan tidak enak badan) setelah beraktivitas – yang mana ini tidak umum pada penyakit lain.

Studi dari UCL ini, menggunakan data dari 3.762 orang dari 56 negara dan mengidentifikasi 203 gejala long Covid di 10 sistem organ.

Gejala long Covid

Ditemukan gejala yang paling umum pada long Covid adalah kelelahan, malaise pasca, dan disfungsi kognitif (kabut otak).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved