Breaking News:

Sidang Lanjutan Sengketa PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu Digelar Pekan Depan

Sidang lanjutan atas perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Labuhanbatu tahun 2020 akan digelar Mahkamah Konstitusi (MK).

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Labuhanbatu, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil unggul di delapan dari sembilan tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU), pada Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sidang lanjutan atas perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Labuhanbatu tahun 2020 akan digelar Mahkamah Konstitusi (MK). 

Berdasarkan jadwal persidangan yang dirilis MK, persidangan sengketa Pilkada Labuhanbatu itu akan digelar pada Kamis (22/7/2021) mendatang.

Persidangan tersebut nantinya merupakan lanjutan pasca-pemungutan suara ulang (PSU) jilid II di dua tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Labuhanbatu, tindak lanjut dari putusan sela atas perkara nomor 141/PHP.BUP/XIX/2021 yang diajukan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar. 

"Mendengarkan laporan hasil Pemungutan Suara Ulang berdasarkan perintah Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Sabtu (17/7/2021).

Sebelumnya, MK dalam putusan sela yang dibacakan Kamis (3/6/2021) lalu memerintahkan KPU Labuhanbatu untuk melaksanakan PSU di dua TPS, yakni di TPS 007 dan TPS 009, Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Dan KPU Labuhanbatu harus melaporkan hasil PSU jilid II yang berlangsung pada 19 Juni 2021 tersebut ke MK paling lambat 7 hari kerja pasca-pelaksanaan PSU. 

Diketahui KPU Labuhanbatu telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada Senin (21/6/2021) lalu. Kemudian hasilnya pun telah dilaporkan secara resmi oleh KPU Labuhanbatu ke MK pada Jumat (25/6/2021).

Adapun rincian perolehan suara seluruh peserta Pilkada Labuhanbatu pasca-PSU 19 Juni 2021, yakni pasangan Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap mendapat 19.552 suara.

Lalu pasangan Erik-Ellya meraup 88.381 suara, pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar memeroleh 88.298.

Kemudian pasangan Abdul Roni-Ahmad Jais meraih 28.348 suara dan terakhir pasangan Suheri Pane-Irwan Indra mendapat 12.734 suara.

Sehingga diketahui bahwa selisih perolehan suara antara pasangan Erik-Ellya dan Andi-Faizal dalam pemilihan kali ini hanya 83 suara.

Namun KPU Labuhanbatu hingga kini belum melakukan penetapan pasangan kepala daerah terpilih hasil PSU tersebut, lantaran masih harus menunggu putusan akhir dari MK.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved