Breaking News:

News Video

Pihak Keturunan Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung Pagari Lahan Karena Akan Digunakan BODT

Sejumlah keturunan Ompu Raja Bolon Motung membuat pagar pada lahan mereka seluas 200 hektar yang berada di Desa Motung, Ajibata, Kabupaten Toba.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ade Saputra

Pihak Keturunan Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung Pagari Lahan Karena Akan Digunakan BODT

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBA - Sejumlah keturunan Ompu Raja Bolon Motung membuat pagar pada lahan mereka seluas 200 hektar yang berada di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Alasan pembuatan pagar tersebut karena pihaknya sudah mendapatkan putusan Mahkamah Agung soal kepemilikan tanah tersebut.

Sebelumnya, lahan ini sudah disentuh oleh pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

"Tanah ini kami pertahankan karena sudah ada keputusan Mahkamah Agung. Maka tanah ini kami pagari sesuai dengan batas-batas yang sudah ditentukan oleh Mahkamah Agung," ujar keturunan Raja Ompu Buntulan Manurung Musdin Manurung (73) sekaligus warga Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba pada Senin (19/7/2021).

"Ini punya pomparan Ompu Buntulan Manurung. Karena ada timbul sertifikat baru dari BODT, yakni sertifikat nomor 42 mengatakan bahwa ini lokasi kehutanan. Maka, tanah ini kami pertahankan," sambungnya.

Selain adanya kekhawatiran perampasan tanah, pihaknya juga telah melaporkan sejumlah oknum yang diduga melakukan pengerusakan dan pencurain kayu yang ada di dalam lahan tersebut.

Hingga saat ini, pihaknya mengatakan bahwa kasus tersebut sudah bergulir di kejaksaan Toba Samosir.

"Di dalam ada juga pengerusakan tanaman. Dan itu sudah kami adukan ke Polres Toba. Sekarang sudah kami tanya pihak Polres bahwa sudah dikirim ke kejaksaan untuk melengkapi berkas-berkas," sambungnya.

Maka, proses hukum seputar lahan ini masih berjalan. Pihaknya secara tegas menyampaikan bahwa akan menjaga kawasan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved