Breaking News:

Resep Masakan

Resep Olahan Daging Kurban yang Murah Meriah, Disukai Anak-anak dan Gampang Dibuat

Sate daging bersiram bumbu kacang adalah sajian yang bisa di coba oleh kaum ibu di rumah. Selain ramah di kantong, anak-anak juga suka menyantapnya.

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Royandi Hutasoit
ilustrasi/kompas
Sate Kambing 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.COM - Banyak masyarakat yang bingung mengolah daging kurban dijadikan menu santap keluarga yang enak dan ramah dikantong.

Sate daging bersiram bumbu kacang adalah salah satu sajian yang bisa dicoba oleh kaum ibu di rumah. Selain ramah di kantong, anak-anak juga suka menyantapnya.

Untuk membuat sate kacang olahan daging kurban ini, kamu harus menyiapkan tentunya daging 1,5 kg, Satu buah nanas untuk melembutkan dagingnya terlebih dahulu.

Terlebih dahulu, 1,5 kg daging kurban di potong dadu-dadu kecil kemudian di cuci bersih dan ditiriskan.

Selanjutnya, satu buah nanas di iris kecil-kecil dan dicampurkan kedalam daging yang sudah di potong dadu selama satu jam. 

Selagi menunggu, siapkan bumbu halus untuk memarinasi daging yang sudah di rendam dengan nanas tersebut.

Siapkan 30 siung bawang merah, 18 siung bawang putih, 1,5 sendok makan lada bubuk, 3 sendok teh merica bubuk, 2 sendok makan gula merah, 3 sendok teh garam, 2 sendok teh kaldu bubuk, dan 1 ruas jari lengkuas dan di haluskan. 

Setelah selesai, daging yang di lumuri nanas, di bersihkan dan dicuci kembali.

Selanjutnya daging di rendam dengan bumbu marinasi yang sudah di haluskan sebelumnya selama dua jam dan di simpan di lemari pendingin agar bumbu cepat meresap. 

Selanjutnya, sambil menunggu bumbu termarinasi (Meresap), siapkan 1/4 gram kacang tanah, 6 Kemiri sangrai, 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 helai daun jeruk, 2 gelas air, kaldu bubuk secukupnya, dan kecap manis secukupnya.

Terlebih dahulu gongseng kacang, kemudian haluskan bersama dengan bawang merah, bawang putih, kemiri dan daun jeruk.

Selanjutnya, tumis bumbu kacang dengan sedikit minyak dan tambahkan 2 gelas air, gula, garam, kecap, dan kaldu bubuk secukupnya.

Masak bumbu kacang yang sudah di haluskan tadi, tunggu sampai sedikit mengental, kemudian keluarkan daging yang sudah di marinasi selama 2 jam. Siapkan panggangan, tusuk daging dengan lidi, bakar sate dan hidangkan.

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved