Breaking News:

Besok, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Lantik Pasangan Bupati Madina dan Labusel Terpilih

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akhirnya menetapkan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan bahwa tidak masalah angka kasus Covid-19 di Sumut meningkat drastis, Rabu (14/7/2021).(TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akhirnya menetapkan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, yakni pasangan Bupati Madina (Madina) dan Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Rencananya pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (22/7/2021) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi disebut akan langsung melantik Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Madina periode 2021-2024, serta Edimin-Ahmad Padly Tanjung menjadi Bupati dan Wakil Bupati Labusel periode 2021-2024.

Baca juga: Sidang Lanjutan Sengketa PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu Digelar Pekan Depan

"Iya benar, Bupati Labusel dan Madina dilantik Kamis (besok)," kata Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, Rabu (21/7/2021).

Rasyid menegaskan, selama prosesi pelantikan nantinya, akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Sehingga, selain dua pasangan bupati yang menjalani pelantikan dan gubernur, ruangan Aula Tengku Rizal Nurdin hanya boleh dimasuki oleh Forkopimda dari Sumut, Madina dan Labusel.

"Mohon maaf di luar itu tidak bisa masuk ke ruangan. Ini karena pandemi covid-19, apalagi Kota Medan masih menerapkan PPKM Darurat. Terkait hal ini agar dimaklumi bersama," ujarnya.

Baca juga: Penghitungan PSU Pilkada Labuhanbatu di 2TPS Selesai, Besok Dilakukan Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Untuk diketahui, bahwa Pilkada Labusel dan Pilkada Madina yang berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu, harus berakhir di MK setelah adanya gugatan sengketa hasil Pilkada.

Hasilnya MK memerintahkan KPU di dua kabupaten itu agar melaksanakan PSU.

PSU Pilkada Labusel dilakukan di 16 tempat pemungutan suara (TPS), sedangkan PSU Pilkada Madina digelar di tiga TPS. PSU berlangsung pada Sabtu 24 April 2021.

Baca juga: Gubernur Edy Buka Endorse Gratis untuk Bantu Pelaku UMKM semasa PPKM Darurat, Ini Syaratnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved