Breaking News:

PENGELOLA Destinasi Wisata di Toba Keluhkan Pendapatan Menurun 90 Persen selama Pandemi Covid-19

Pengelola destinasi wisata di Toba mengeluh di masa pandemi Covid-19, pendapatan dari sektor pariwisata menurun drastis hingga 90 persen.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/Maurits Pardosi
Warung makanan yang ada di kawasan Pantai Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba terlihat sepi saat disambangi pada Rabu (21/7/2021). Kawasan ini merupakan lokasi wisatawa yang digandrungi oleh pengunjung. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Pengelola destinasi wisata di Toba mengeluh di masa pandemi Covid-19, pendapatan dari sektor pariwisata menurun drastis hingga 90 persen.

Pasalnya, selama pandemi Covid-19 dan ditambah lagi dengan adanya Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan oleh pemerintah Kabupaten Toba sejak tanggal 15 Juli 2021 hingga waktu yang belum ditentukan.

Ternyata, penurunan jumlah pengunjung tersebut telah terjadi sejak bulan Maret 2021.

"Maret 2021 setelah dimulainya pelarangan mudik, padahal yang kita harapkan adanya mudik," ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Lumban Bulbul Parluhutan Simangunsong saat disambangi di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige Kabupaten Toba pada Rabu (21/7/2021).

Parluhutan menuturkan pengunjung yang datang tak lebih dari 50 orang setiap harinya.

Sementara, jumlah pemilik warung makanan atau pengelola lokasi wisata ada sekitar 57 orang.

Kebanyakan para pengunjung tersebut hanya menikmati keindahan Danau Toba dan mengabadikannya dengan foto tanpa memesan makanan atau minuman.

Penurunan jumlah pengunjung tersebut ia prediksi karena terjadinya peningkatan angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Balige.

"Kalaupun pengunjung datang yang jumlahnya 50 orang. Itu pun cuma ambil foto, lalu pulang. Hal itu juga makin diperparah oleh jumlah yang terkonfirmasi positif di Kecamatan Balige yang sudah mencapai ratusan," sambungnya.

Parluhutan menuturkan jumlah pengunjung menurun hingga 70 persen. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved