Breaking News:

Pedagang Kecil Merana Terdampak PPKM Darurat, Dewan Minta Penyaluran Bansos Merata

PPKM Darurat membawa dampak cukup serius bagi kelompok pedagang kecil yang ada di Kota Medan, sehingga Pemko Medan diminta serius membagikan sembako

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
IST
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman saat menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak PPKM Darurat di Kecamatan Medan Sunggal beberapa waktu lalu.(IST) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN-Ketua Komisi III DPRD Medan, M Afri Rizki Lubis meminta Pemerintah Kota Medan untuk dapat melakukan penyaluran bantuan sosial (bansos) di masa PPKM Darurat secara merata.

Afri mengatakan, sektor yang paling terdampak kebijakan PPKM Darurat ini adalah pedagang kecil.

Di mana, kata dia, pedagang kecil mau tak mau harus menutup usaha bagi sektor non esensial karena buka dengan keharusan dibawa pulang tidak dapat menutupi biaya operasional dan modal.

Baca juga: Bobby Nasution Terbitkan Surat Edaran Perpanjangan PPKM Darurat, Ini Isi Aturan yang Harus Dipatuhi

Terkhusus akibat peraturan wajib mengurangi jam operasional dan hanya melayani pesanan take away (pesan bawa pulang).

“Tentu saja yang ditutup usahanya akan tidak mendapatkan penghasilan, sementara penghasilannya hanya pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau pun mereka buka, penghasilannya tidak bisa menutupi modal, makanya lebih baik tutup," ungkap Afri, Kamis (22/7/2021).

Dikatakannya, hal ini harus menjadi perhatian pemerintah untuk bisa memberikan bantuan agar meringankan beban para pedagang kecil.

"Tentu hal ini juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah. Jadi pandeminya kita cegah penularannya, tetapi ekonomi masyarakat juga harus kita lindungi,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, penyaluran bansos oleh Pemko Medan kepada masyarakat yang terdampak akibat kebijakan PPKM Darurat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: INI Aturan Lengkap PPKM Level 4 bukan PPKM Darurat yang Berlaku sampai 25 Juli

Ia berharap bantuan tersebut dapat menjangkau seluruh masyarakat yang terdampak khususnya kepada masyarakat kurang mampu.

“Karena mereka saat ini dibatasi pergerakannya dengan menutup usaha atau membatasi operasional kegiatannya dan itu sangat berpengaruh terhadap penghasilan mereka, padahal penghasilan itu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Untuk itu, ia juga berharap agar kebijakan ini dapat mempertimbangkan hal-hal teknis detil seperti ini, tidak hanya menegakan peraturan dengan memberikan sanksi tetapi juga memberikan jalan keluar.

Baca juga: Ganti Istilah Lagi, Pemerintah Ubah PPKM Darurat Jadi PPKM Level 1-4, Ini Penjelasannya

“Saya yakin dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Pak Bobby Nasution dapat secara arif dan bijaksana mempertimbangkan berbagai dampak PPKM Darurat ini bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Medan,"

"Mari kita bersama bergotong royong bahu membahu mengatasi pandemic Covid-19 ini bersama-sama, memang butuh pengorbanan semua pihak dan kami kira Pemko Medan harus mendengarkan keluhan warga dan merespon dengan cepat apapun yang menjadi persoalan sebagai akibat dari dampak Kebijakan PPKM Darurat ini,” tutupnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved