Breaking News:

Pendataan Terakhir Besok, Simak Kriteria Penerima Bansos Pemko Medan Selama Masa PPKM Darurat

Pemko Medan berencana menyalurkan bantuan sosial, dan besok Jumat (23/7/2021) adalah hari terakhir pendaftaran penerima

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
istimewa/kolase via wartakota
Bantuan paket bansos 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN-Pemerintah Kota Medan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak kebijakan PPKM Darurat di Medan.

Bantuan ini menyasar kepada pekerja yang dirumahkan ataupun di PHK dan kehilangan mata pencaharian selama masa PPKM Darurat.

Kepala Dinas Sosial Kota Medan, Endar Sutan Lubis menuturkan bantuan PPKM Darurat ini bertujuan meringankan beban khususnya bagi pekerja yang terdampak pemberlakuan kebijakan selama PPKM Darurat.

"Yang terutama adalah pegawai yang terkena PHK, pegawai yang dirumahkan, serta yang kehilangan mata pencahariannya selama masa PPKM Darurat," ungkap Endar kepada tribun-medan.com, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Asosiasi UMKM Resah Minta Stimulus pada Negara

Endar kemudian menjelaskan, penerima bansos PPKM Darurat ini tidak terbatas bagi pekerja sektor formal yang ditandai dengan Surat Keputusan PHK dan sebagainya.

Bagi pekerja restoran ataupun kafe yang dirumahkan, kata Endar, juga berhak menerima bantuan.

"Perlu saya tekankan di sini sering terjadi salah pemahaman oleh warga, di mana bahasa PHK itu dikira hanya bagi pekerja sektor formal sehingga harus ada SK pemecatan dan sebagainya. Padahal itu salah, yang harus dirumahkan dan tidak bekerja selama PPKM darurat itu bisa saja mendapat bantuan," jelasnya.

"Misalnya di rumah-rumah makan atau kafe-kafe, kan banyak yang mengurangi jumlah pegawai yang masuk karena tidak dibolehkannya makan di tempat, nah para pekerja yang dirumahkan itu juga berhak untuk menerima bantuan," tambahnya.

Baca juga: Hingga 31 Juli 2021, 4.482 Paket Bansos PPKM Darurat di Medan Sudah Disalurkan

Endar mengatakan, kriteria paling utama bagi penerima bantuan PPKM Darurat ini adalah di luar penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan Kementerian Sosial lainnya.

"Kemudian yang utama adalah, penerima bantuan PPKM adalah warga yang bukan merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) BPNT dan BST serta berbagai bentuk bantuan sosial dari Kementerian Sosial lainnya," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved