Breaking News:

Angka Positif Covid-19 Meningkat, Stok Darah di Pematangsiantar Mulai Menipis

Namun sebelum Covid-19 meningkat kebutuhan ini masih tercukupi dari orang mau mendonorkan darahnya secara suka rela.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
Tribun Medan/Alija Magribi
Ketua PMI Pematangsiantar, Abadi Siregar 

TRIBUN-MEDAN.com,PEMATANGSIANTAR- Seiring dengan tingginya angka Covid-19, ketersediaan stok kantong darah di Kota Pematangsiantar menjadi sangat terbatas.

Saat ini, jumlah darah yang  tersedia hanya 6 kantong, berbanding jauh dengan kebutuhan rata-rata tiap bulannya yang mencapai 700 kantong.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematangsiantar, Abadi Siregar mengatakan pihaknya kesulitan mendapatkan pendonor lantaran situasi Pandemi Covid-19..

"Banyak kali pengaruhnya. Orang baru (kena) Covid-19 tidak bisa donor. Kemudian kalau baru kena vaksin tidak bisa langsung donor. Paling tidak 2 sampai 3 hari. Kadang-kadang orang dalam kondisi sekarang ini takut donor. Jadi banyak kali kendalanya," jelasnya, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: KONDISI COVID JAKARTA Hari ini, LaporCovid-19 Catat 1.214 Isoman Meninggal, Ini Reaksi Pemprov DKI

Abadi berharap ada orang yang mau mendonorkan darahnya, tetapi jalan satu-satunya dalam menghadapi situasi di tengah rendahnya stok darah adalah keluarga pasien atau yang membutuhkan darah. 

"Kalau ada yang sakit keluarganya ya, donorlah," jelasnya.

Namun sesuai prosedur, Ia menjelaskan bahwa donor yang dilakukan pasien dari keluarga sendiri tetap dibebani biaya. 

"Kalau dia pasien BPJS Kesehatan gratis. Tapi kalau umum bayar Rp 360 ribu satu kantong," jelasnya dengan menambahkan bahwa biaya tersebut dipergunakan untuk membeli alat.

"Pada prinsipnya kita tidak mengambil keuntungan tetapi biar ada untuk membeli alat-alat. Alat-alat kita kan tiap 5 tahun sudah rusak. Jangan pula dipikir ada alat dari pemerintah. Dari mana?" katanya menegaskan.

Rata-rata kebutuhan darah di Siantar sebanyak 700 kantong satu bulan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved