Breaking News:

Pekerja Terdampak PPKM Level 4 Dapat Bantuan Subsidi Gaji

Gambarannya bagi pekerja yang terdampak, tentunya akan diberikan bantuan Rp 1 juta per orang.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Sumatera Utara, Baharuddin Siagian menyatakan sejumlah pekerja yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 bakal mendapat subsidi gaji sebesar Rp 1 juta.

Hal itu, kata Bahar, setelah pihaknya mengikuti rapat virtual bersama Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada Jumat (23/7/2021).

"Gambarannya bagi pekerja yang terdampak, tentunya akan diberikan bantuan Rp 1 juta per orang. Tapi akan dilihat nanti sesuai dengan kondisi ril di lapangan," kata Bahar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jumat (23/7/2021).

Dikatakan Bahar, di Sumut, calon penerima bantuan subsidi gaji tersebut rencananya diusulkan bagi perusahaan berdomisili di daerah yang menerapkan PPKM Level 4.

Sehingga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disnaker Kota Medan, untuk mendata para pekerja yang berhak mendapatkan bantuan subsidi gaji tersebut.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Geruduk Balai Kota Medan, Sebut PPKM Tak Pro Rakyat Kecil

"Kalau nama-nama ya, pasti kita yang mendata. Tapi kita kerja sama dengan kabupaten dan kota di mana perusahan itu berada. Utamanya di Medan. ini kan di Medan level 4," ujar mantan Kadispora Sumut itu.

Bahar mengatakan, dalam waktu dekat Disnaker Sumut akan kembali rapat membahas rencana pemberian subsidi gaji ini.

Pekerja atau buruh yang mendapatkan bantuan subsidi tersebut merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan NIK.

Lalu terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan dan dapat dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai Juni 2021.

Calon penerima subsidi merupakan peserta yang mendapat gaji di bawah Rp 3,5 juta. Sesuai gaji terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan

"Data-datanya kan dari perusahaan. Jadi perusahaannya di mana? Siapa-siapa saja? Datanya harus komplit," pungkasnya. (ind/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved