Breaking News:

BI Sebut Harga di Sumut Masih Stabil Meski PPKM Darurat Ganggu Distribusi Bahan Pangan

Soeko mengatakan bahwa PPKM Darurat juga turut menganggu distribusi bahan pokok dari berbagai daerah termasuk kota Medan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas Dinas Perhubungan Medan mengatur arus lalu lintas saat dilakukan penyekatan di Jalan Gatot Subroto, Medan, Kamis (22/7/2021). Penyekatan jalan tersebut merupakan perpanjangan aturan PPKM Darurat guna mengantisipasi penyebarab Covid-19 di Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo mengungkapkan bahwa penerapan PPKM darurat dapat mencegah adanya loss pertumbuhan ekonomi akhir tahun ini.

Soeko mengatakan bahwa PPKM Darurat juga turut menganggu distribusi bahan pokok dari berbagai daerah termasuk kota Medan.

"Pelaksanaan PPKM di Jawa Bali dan Medan diyakini dapat mencegah loss pertumbuhan ekonomi di akhir tahun 2021. Penerapan PPKM berpotensi untuk menganggu distribusi pasokan bahan makanan. Sehingga perlu pengendalian inflasi," ungkap Soeko, Senin (26/7/2021).

Soeko menuturkan bahwa perkembangan harga pangan selama PPKM darurat terpantau stabil. Secara umum tingkat harga masih berada pada range rerata harga dalam tiga tahun terakhir. 

Adapun kenaikan yang terjadi selama periode pelaksanan PPKM masih dalam batas yang wajar. 

Adapun untuk harga cabai merah kini berada di harga Rp33.500, cabai rawit Rp47.500, Bawang Putih Rp28.200, Bawang merah Rp31.200.

Kemudian untuk daging ayam berada di harga Rp26.700, daging sapi Rp125 ribu, gula pasir lokal Rp13.100, minyak goreng Rp14.360, dan beras Rp10 ribu.

"Stabilitas harga ini juga diperkuat dengan hasil survey aliran pasokan Bank Indonesia yang menunjukan aliran pasokan pada pedagang besar di Kota Medan masih relatif stabil serta kecukupan stok di gudang bulog untuk komoditas beras, minyak goreng, dan gula pasir," ucap Soeko.(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved