Breaking News:

Kebakaran Hutan Gunung Sipiso-piso, Luas Lahan Terdampak 10 Hektare

Hingga saat ini kawasan yang sudah berhasil dipadamkan mencapai kurang lebih lima hektare.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
PETUGAS dari Manggala Agni Sibolangit, melakukan proses pemadaman api kebakaran hutan di Gunung Sipiso-piso, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Selasa (26/7/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Kawasan hutan yang ada di Gunung Sipiso-piso, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo terbakar sejak Minggu (25/7/2021) lalu. Pantauan Tribun-Medan, di lokasi kebakaran personel gabungan masih terus melakukan proses pemadaman api. Dari lokasi ini, terlihat api membakar kawasan hutan yang sebagian besar ilalang dan semak belukar di bagian lereng gunung.

Kepala Daops Sumatera 1 Sibolangit Balai PPIKHL, Maralo JP Tambun mengataan, hingga hari kedua pihaknya memprediksi luas wilayah yang terbakar mencapai kurang lebih 10 hektare. Hingga saat ini kawasan yang sudah berhasil dipadamkan mencapai kurang lebih lima hektare.

"Untuk hari kedua ini, kita perkirakan luas wilayah yang terbakar mencapai 10 hektare," ujar Maralo, Senin (26/7).

Maralo menjelaskan, untuk memaksimalkan proses pemadaman, pihaknya mengerahkan satu regu tim pemadam yang berisikan 15 orang. Selain itu, pihaknya juga dibantu berbagai pihak mulai dari TNI dan Polri, petugas dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

"Dari kantor Sibolangit, kita terjunkan satu regu, dan dibantu dari stakeholder," ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih menduga kebakaran ini disebabkan karena cuaca panas yang cukup terik terjadi di kawasan ini. Terlebih, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jika sebagian besar wilayah Sumatera Utara mulai memasuki musim kemarau hingga bulan Agustus mendatang.

"Kebakaran ini kita prediksi karena cuaca ekstrem, kita lihat saat ini mulai masuk musim kemarau," pungkasnya.

Pantauan Tribun Medan, dari kawasan Gunung Sipiso-piso tampak bagian yang terbakar berada di kawasan lereng puncak gunung. Dari bekas yang terbakar, tampak wilayah yang terbakar cukup luas.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Sipiso-Piso, Diperkirakan Luas Lahan Terdampak 10 Hektare

"Diperkirakan luas yang terbakar kurang lebih 10 hektare. Sekarang personel juga masih di lokasi untuk melakukan pemadaman," katanya.

Dari informasi yang dihimpun, api pertama kali terlihat dari wilayah Desa Situnggaling, Kecamatan Merek. Sampai saat ini, terlihat sebagian besar api sudah dapat dipadamkan, dan personel gabungan masih melakukan proses pendinginan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved