Breaking News:

News Video

Fungsi 5 Tenda Darurat di RS Colombia Asia Medan

Sejumlah tenda didirikan di sebelah Ruang IGD RS Colombia Asia Medan Jalan Listrik, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (27/7/2021)

Editor: Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sejumlah tenda didirikan di sebelah Ruang IGD RS Colombia Asia Medan Jalan Listrik, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (27/7/2021).

Petugas menggunakan APD bekerja di dalam tenda.

Lantas apa fungsi tenda tersebut?

Diwawancarai wartawan Tribun Medan, Direktur RS Columbia Asia Medan Prof dr Sutomo Kasiman menjelaskan, kalau ada 5 tenda yang dibangun dengan fungsi yang berbeda-beda untuk penanganan pasien Covid-19.

"Memang sengaja kita bangun, ada 5 tenda yang fungsinya berbeda-beda yakni ada untuk pemeriksaan secara drive thru," jelas Prof dr Sutomo Kasiman.

Dalam tenda ini juga warga bisa melakukan konsultasi gejala Covid-19 hingga laboratorium.

Dari penjelasan Prof dr Sutomo Kasiman, dapat dipastikan Tenda Darurat RS Colombia Asia Medan bukan untuk rawat inap pasien Covid-19.

"Karena ruangan kami yang telah kita siapkan sesuai anjuran pemerintah 30 persen sudah full. Sementara untuk menscreening yang biasa kami lakukan di bawah tapi karena ada yang menunggu dirujuk jadi kami buat di ruangan itu sehingga kita kekurangan ruangan tempat periksa jadi dibangunlah tenda," jelasnya.

Ia membeberkan bahwa pembangunan tenda ini sangat bermanfaat untuk bisa menyaring pasien dengan benar apakah benar terpapar corona atau tidak.

"Sehingga dengan inilah kita membantu menyeleksi dan kita juga langsung mengkontak rumah- rumah sakit yang bisa menerima pasien covid-19," jelasnya.

Dokter spesialis jantung ini menjelaskan saat ini jumlah pasien Covid-19 di RS Colombia sudah penuh, yakni berjumlah 64 pasien sesuai bed yang tersedia.

Diwawancari terpisah, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebutkan bahwa tidak mungkin tenda itu tenda darurat Covid-19 sebab ia tidak ada menerima informasi yang demikian dari RS itu.

(vic/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved