Breaking News:

Gubernur Sumsel Ungkap Persahabatan Ahok dan Kapolda di Balik Sumbangan Akidi Tio Rp 2 Triliun

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru membeberkan cerita di balik kedermawanan Akidi Tio yang viral lantaran memberi sumbangan Rp 2 triliun.

Editor: Juang Naibaho
HO / Tribun Medan
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan Rp 2 Triliun dari perwakilan keluarga Akidi Tio untuk penanganan Covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru membeberkan cerita di balik kedermawanan keluarga Akidi Tio yang viral lantaran memberi sumbangan Rp 2 triliun.

Kepada Tribunsumsel.com (Tribun-Medan.com Group), Herman Deru menceritakan persahabatan antara Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri dengan Ahok.

Karena itulah, sumbangan Rp 2 triliun itu diamanahkan langsung kepada Irjen Eko.

Sumbangan itu nantinya akan digunakan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi covid-19 di Palembang, dan secara umum masyarakat Sumsel.

Bantuan tersebut secara simbolis disampaikan oleh Heriyanti, anak bungsu Akidi Tio dengan didampingi Direktur Utama RS RK Charitas Palembang Prof dr Hardi Darmawan, Senin (26/7/2021). Turut serta Gubernur Sumsel Herman Deru dalam acara ini.

Adapun sosok Akidi Tio telah meninggal dunia pada 2009 silam dan dimakamkan di Palembang, Sumsel. Almarhum disebut-sebut sebagai pengusaha asal Aceh, tepatnya di Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur.

Gubernur Sumsel menyebutkan, bantuan fantastis Rp 2 triliun itu sebenarnya diberikan kepada Irjen Eko Indra Heri sebagai pribadi, bukan dalam kapasitas dia sebagai Kapolda Sumsel.

Usut punya usut, sewaktu Eko Indra masih perwira pertama bertugas di Langsa, Aceh, pada 1990-an bertemu dengan seorang penjual es bernama Johan alias Ahok.

Sosok Ahok ini adalah putranya Akidi Tio.

Pertemanan antara Eko dan Ahok berlanjut. Hubungan keduanya terjalin seperti saudara.

Baca juga: Fakta Baru Tentang Ahok di Balik Sumbangan Rp 2 Triliun Akidi Tio kepada Irjen Eko, Begini Ceritanya

Halaman
1234
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved