Breaking News:

Perhatikan Kondisi Busi agar Berkendara Tetap  Nyaman

Sangat baik jika para pengguna motor memiliki pengetahuan tentang cara merawat busi, salah satunya dengan menjaga kebersihannya.

Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
Motor Honda. 

TRIBUN–MEDAN.com, MEDAN - Sebagai salah satu komponen penting mendukung proses pengapian pada kendaraan bermotor, busi menjadi part yang membutuhkan perhatian lebih. Memberikan perhatian pada busi yang berfungsi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dengan bahan bakar, sama dengan merawat kesehatan pembakaran pada mesin.

Ketika kendaraan mengalami masalah khususnya pada pengapian, hal pertama yang dilakukan biasanya adalah mengcek kondisi busi. Karena jika busi kendaraan sudah dipenuhi dengan karbon sisa pembakaran, maka kendaraan akan sedikit sulit dihidupkan.

Erwin Chandra, Senior Technical Instructor Training PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, sangat baik jika para pengguna motor memiliki pengetahuan tentang cara merawat busi, salah satunya dengan menjaga kebersihannya.

Menurutnya, merawat busi bukanlah hal yang berat, karena dapat dilakukan secaraa mandiri di rumah, dimana dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan, mak busi dapat dibersihkan.

Baca juga: PT Honda Prospect Motor Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMK/SMA Sederajat

Pertama, setelah membuka busi dengan kunci khusus, selanjutnya penting untuk mengecek kerak di kepala busi yang dapat menyebabkan kemampuan busi motor tidak optimal. Busi yang kotor juga dapat membuat proses kerja mesin tidak sempurna, sehingga harus segera dibersihkan.

Kedua, membersikan busi secara perlahan. Cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut, dan hindari penggunaan amplas yang mempunyai sifat abrasif, dimana jika keduanya bertemu dan bergesekan, maka dapat menjadikan kepala busi terkikis.

Ketiga, memastikan kondisi pengapiannya dengan meletakkan ujung kepala busi kemudian start motor. Apabila bunga apinya sudah normal, maka cukup baik saat dbersihkan. Melakukan pemeriksaan pada kabel busi juga sangat dibutuhkan, karena apabila sudah berumur dapat mengakibatkan hantaran listrik jadi berkurang, 

 “Perawatan pada busi sebenarnya tidak sulit, cukup meluangkan sedikit waktu untuk melihat kondisinya, dan memahami langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membersihkan dan menjadikannya tahan lama. Jika ingin mendapat penanganan dari ahlinya, cukup rajin melakukan servis bersama mekanik handal terpercaya di bengkel resmi AHASS, karena dengan kondisi ruang bakar yang sehat dan busi lebih awet tentunya akan menjadikan berkendara dengan motor kesayangan semakin nyaman, “ ujar Erwin Chandra.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved