Breaking News:

Gubernur Edy Isyaratkan akan Lantik Wali Kota Siantar, Kompensasi Hefriansyah sedang Dibahas

Menurut Edy, pelantikan kepala daerah terpilih tersebut perlu dilakukan demi produktivitas pembangunan dan pelayanan di Kota Siantar.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
Tribun Medan/Dedy
Susanti Dewayani saat dilantik sebagai Dirut RSUD Djasamen Saragih di Ruang Data Balai Kota, Kamis (13/7/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengisyaratkan segera melantik kepala daerah terpilih hasil Pilkada Pematangsiantar 2020, meski periodesasi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, Hefiansyah Noor-Togar Sitorus baru akan berakhir pada Februari 2022 mendatang.

Menurut Edy, pelantikan kepala daerah terpilih tersebut perlu dilakukan demi produktivitas pembangunan dan pelayanan di Kota Siantar.

"Secara undang-undang, ya. (Sampai Februari 2022). Tapi untuk produktivitas kinerja, ini lebih baik. Aada wali kota terpilih kan," kata Edy, Kamis (29/7/2021).

Lanjut Edy, ketika pasangan Kepala Daerah Siantar terpilih dilantik dalam waktu dekat, maka nantinya Hefriansyah-Togar pastinya akan mendapat kompensasi.

Dan mantan Pangkostrad itu, mengungkapkan bahwa pembicaraan tentang kompensasi yang akan diperoleh Hefriansyah-Togar sudah dibahas bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dari awal sudah dibicarakan. Itu lah akan disingkat, dilakukan rapel haknya, berupa ganti dan tunjangan, agar dia tidak dirugikan," ucapnya.

Edy pun menjelaskan, pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Siantar 2020 bisa dilakukan, bila seluruh proses administrasi telah terpenuhi.

"Ini kan masih proses. Dari (DPRD) Siantar ke provinsi. Lalu provinsi tindak lanjuti ke kementerian," sebutnya.

Untuk diketahui, Pilkada Siantar 2020 hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Asner Silalahi dan Susanti Dewayani. Hasilnya pasangan tersebut meraih total suara 43.919 suara atau 75,3 persen suara.

Asner Silalahi selaku Wali Kota Siantar terpilih ternyata meninggal dunia pada 14 Januari 2021 silam. Sehingga apabila pelantikan digelar, Gubernur Edy hanya akan melantik Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved