Breaking News:

Tips Membuang Masker Bekas Sekali Pakai yang Tepat Untuk Hindari Penyebaran Covid-19

Cak Oyong kemudian menjelaskan mengenai cara membuang sampah masker yang tepat untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Ayu Prasandi
xinhua
China menjadi produsen masker terbesar saat pendemi Virus Corona 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Menggunakan masker merupakan satu di antara beberapa arahan yang dianjurkan WHO dalam pencegahan coronavirus (Covid-19). Memakai masker, disarankan bagi mereka yang sedang sakit atau mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Penggunaan masker sekali pakai menyebabkan sampah masker yang dihasilkan juga meningkat. Sampah masker ini jika tidak dibuang dengan cara yang tepat akan menimbulkan beberapa resiko.

Seorang pegiat hidup minim sampah, Cak Oyong mengatakan bahwa masker yang dibuang sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan juga dapat menyebabkan kemungkinan disalahgunakan atau dijual kembali oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Sampah masker yang dibuang sembarangan ini bisa berdampak buruk bagi ekosistem, seperti penyebaran virus kepada manusia ataupun hewan, khususnya ekosistem laut yang terpapar virus dari masker.

Juga bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan dijual kembali," ujar Cak Oyong kepada Tribun Medan.

Cak Oyong kemudian menjelaskan mengenai cara membuang sampah masker yang tepat untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi.

Baca juga: Kejari Langkat Tunggu Putusan Hakim Garap Pejabat Dinkes Penerima Suap

1. Menggunting bagian tengah masker

Cara tersebut yakni dengan menggunting ataupun menyobek bagian tengah masker. Kemudian menggulung masker hingga menjadi berukuran kecil dan membungkusnya dengan koran. Hal ini untuk mencegah virus tersebar dan penggunaan masker untuk dijual kembali.

"Hal ini harus diperhatikan juga, karena kalau kita abai kemungkinan besar justru tindakan kita tidak bernilai preventif sama sekali," katanya.

2. Limbah medis butuh perlakuan khusus

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved