Breaking News:

Kepala Puskesmas Bantah Kabar Banyak Warga Desa Huta Dame Positif Covid, Ini Faktanya!

Kepala Puskesmas Tandang Buhit dr Freddi Seventry Sibarani mengatakan, petugas melakukan testing kepada 13 orang warga yang yang bergejala. 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Petugas Puskesmas Tandang Buhit menyemprot disinfektan di Desa Huta Dame, Kecamatan Balige, Kamis (29/7/2021). Satu orang warga di desa ini dinyatakan positif COvid-19. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Kepala Puskesmas Tandang Buhit, Balige, Toba, membantah rumor yang menyebutkan banyak warga di Desa Huta Dame yang positif Covid-19.

Petugas puskesmas telah berada di desa itu sejak kemarin sampai hari ini untuk melakukan penelusuran (tracing) setelah mengetahui beberapa warga sakit. 

Kepala Puskesmas Tandang Buhit dr Freddi Seventry Sibarani mengatakan, petugas melakukan testing kepada 13 orang warga yang yang bergejala. 

"Dari 13 orang (yang memiliki gejala), kami menjaring 2 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melalui swab antigen," ujarnya Jumat (30/7/2021). 

Selain memeriksa setiap warga yang bergejala, puskesmas juga melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap rumah warga desa yang punya gejala sakit. 

Ia pun menepis kabar bahwa warga sekampung positif Covid-19.

Baca juga: Pasien Covid yang Dikeroyok Warga Sudah Kembali ke RSUD Porsea, Sempat Kabur ke Siantar

"Nah, informasi satu kampung, sebenarnya tidak. Kalau bergejala, betul. Ada beberapa orang dari desa ini bergejala batuk pilek. Dan dari hasil uji coba swab, satu orang positif. Lalu kita tracing," ujarnya.

"Dan, nanti akan perluas lagi tracingnya. Kita berharap semua warga sehat. Untuk riwayat perjalanan ke luar, saya pikir tidak ada. Mereka hanya berkegiatan di sini, misalnya seperti pesta dan kegiatan sosial lainnya itu," sambungnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa kemungkinan besar terpapar akibat perjalanan dari luar itu sangat kecil. Untuk kelanjutan penanggulangan Covid-19 di desa tersebut, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan pihak Satgas Desa Huta Dame. 

"Mungkin, itu kalau dari luar kota, itu tidak ada. Soal lockdown itu akan ditangani oleh Satgas Desa. Mereka akan melakukan yang patut untuk mencegah penularan Covid-19 di desa ini," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved