Breaking News:

News Video

Sudah 10 Hari Stok Vaksin Puskesmas di Medan Kosong, Jadwal Vaksinasi Kedua Ditunda

Persediaan vaksin di Kota Medan memasuki tahap mengkhawatirkan. Beberapa Puskesmas mengatakan, kalau mereka sudah kehabisan stok vaksin.

Penulis: Fredy Santoso | Editor: Ade Saputra

Sudah 10 Hari Stok Vaksin Puskesmas di Medan Kosong, Jadwal Vaksinasi Kedua Ditunda

TRIBUN-MEDAN.COM - Persediaan vaksin di Kota Medan memasuki tahap mengkhawatirkan. Beberapa Puskesmas mengatakan, kalau mereka sudah kehabisan stok vaksin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Medan beberapa Puskesmas yang kehabisan yakni Puskesmas Padang Bulan dan Puskesmas Simalingkar.

Kepala UPT Puskesmas Padang Bulan, Drg Sufania mengatakan, stok vaksin di Puskesmasnya sudah habis sejak 10 hari terakhir.

Bahkan jadwal vaksinasi massal tahap kedua harus tertunda karena persediaan sama sekali tidak tersedia.

"Kalau di Puskesmas kita sudah agak lama ya. Lebih kurang ada 10 hari," kata Kepala UPT Puskesmas Padang Bulan, Medan Drg Sufiana, di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara. Jumat (30/7/2021).

Dia menjelaskan permasalahan vaksinasi tahap kedua harus ditunda karena banyaknya masyarakat yang antusias terhadap vaksinasi tahap pertama, padahal sebelumnya jumlahnya sedikit.

Akibat banyaknya warga yang melakukan vaksin dosis pertama sehingga warga yang sudah dijadwalkan untuk vaksin kedua harus ditunda.

Bukan hanya itu, bagi masyarakat yang akan melakukan vaksin dosis pertama pun harus di berhentikan.

"Vaksin kedua ini Mestinya kami di bulan Juli ini rata-rata vaksin kedua. Tapi karena stok habis akibat banyaknya vaksin pertama juga pada bulan Juli sehingga stok yang dibuat untuk vaksin kedua terpaksa harus kita layani untuk yang pertama," ucapnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Padang Bulan, Drg Sufania belum bisa memastikan kapan ketersediaan vaksin mulai tersedia kembali.

Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh kemungkinan awal Agustus vaksin mulai didistribusikan.

"Insyaallah awal Agustus masuk. Ini kabarnya sudah dekat ya . Kita tunggulah beberapa hari kemungkinan dalam distribusi perjalanan," Ucapnya.

(cr25/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved