Breaking News:

Update Covid-19 di Kabupaten Samosir, Jumlah Positif Bertambah 61 kasus Baru

Update Covid-19 di Kabupaten Samosir, Jumlah Positif Bertambah 61 kasus Baru, Kumulatifnya  Menjadi 1224 Kasus.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ayu Prasandi
AFP/Bay Ismoyo
KONDISI COVID-19 Jakarta Melonjak Lagi, MUI Sarankan Pemakaman Massal. Foto: Pemakaman Jenazah Covid-19 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir pada Kamis (29/7/2021) memperlihatkan bahwa angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus menaik.

Data terakhir, angka terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 61 kasus sehingga kumulatif konfirmasi positif 1224 kasus. Selain angka positif Covid-19, pasien Covid-19 yang sembuh bertambah sebanyak 26 orang.

Baca juga: 9 Warga di Warung Tuak Swab Antigen, 1 Mesin Judi Tembak Ikan Diamankan Polisi

Selanjutnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya 3 warga Samosir terpapar Covid-19.

"Dari segi persentase, angka konfirmasi aktif sebesar 37 persen; angka sembuh 59 persen; dan meninggal dunia 2.3 persen," ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Samosir Rohani Bakkara saat dikonfirmasi tribun-medan.com pada Jumat (30/7/2021).

Selanjutnya, ia mengutarakan bahwa Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengimbau seluruh masyarakat Samosir agar melindungi anggota keluarga yang menderita penyakit penyerta selama pandemi Covid-19 dengan benar-benar membatasi mobilitas mereka agar menghindari kerumunan karena mereka masuk kelompok rentan terhadap Covid-19.

Baca juga: Jawab Soal Stok Vaksin yang Menipis, Dinkes : di Medan Sekitar 150 Lagi

"Bupati Samosir telah mengeluarkan Instruksi Bupati Samosir (Inbup) Nomor 2 Tahun 2021 terkait PPKM Level 3 serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 tingkat desa/ kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir," tuturnya.

"Inbup ini berlaku dari 29 Juli sampai dengan 7 Agustus 2021," sambungnya.

Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengimbau seluruh masyarakat Samosir agar mematuhi Inbup ini secara konsisten untuk menurunkan angka konfirmasi positif harian yang masih tinggi dalam beberapa hari terakhir ini.

"Kita berharap kepatuhan terhadap pelaksanaan Inbup secara penuh dengan harapan sebelum 7 Agustus 2021 angka konfirmasi positif harian menurun," sambungnya

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Samosir melalui tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir/ kecamatan/ desa segera melakukan sosialiasi kepada seluruh masyarakat agar mereka memahami dan mematuhi instruksi di dalamnya sehingga dapat menghindari kesalahpahaman di lapangan setiap harinya.

"Mari tetap berjuang untuk meningkatkan ketahanan desa melalui disiplin melakukan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten," tuturnya.

"Pekerjaan ini memerlukan kolektivitas yang tinggi dari semua pihak dengan satu tujuan menurunkan angka konfirmasi positif harian selama PPKM Level 3 ini. Kiranya Tuhan tetap menolong kita menjaga Kabupaten Samosir selama pandemi Covid-19," sambungnya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Nilai Ada Rumah Sakit di Siantar tak Beres Berikan Layanan Antigen

Dari data paparan Covid-19 di Kabupaten Samosir pada Kamis (29/7/2021) yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir dengan rincian: 61 kasus baru, 26 sembuh, dan dan kumulatif konfirmasi positif menjadi 1.224 kasus.

Sehingga jumlah antara konfirmasi positif, suspek, dan probable  adalah sebanyak 1231 kasus.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved