Breaking News:

MK Tolak Gugatan Pasangan Andi-Faizal, Perintahkan KPU Labuhanbatu Tetapkan Pasangan Bupati Terpilih

Hasil dari PSU itu pasangan Erik-Ellya unggul di delapan TPS, sedangkan pasangan Andi-Faizal hanya menang di satu TPS.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
HO / Tribun Medan
PASANGAN Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Labuhanbatu, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil unggul di delapan dari sembilan tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU), pada Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang putusan sengketa Pilkada Labuhanbatu pada Jumat (30/7/2021). Dalam putusannya, MK menolak permohonan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar. Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Konstitusi Anwar Usman, saat membacakan amar putusan.

Lalu, dalam amar putusannya atas sengketa nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021, MK juga menyatakan sah perolehan suara seluruh pasangan calon pasca-Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II, yang digelar di dua tempat pemungutan suara (TPS) yakni TPS 007 dan TPS 009, Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Setelah menyatakan sah, MK kemudian memerintahkan KPU Labuhanbatu untuk menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih.

Sehingga pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar akan dinyatakan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhan terpilih sesuai hasil rekapitulasi suara. "Memerintahkan KPU untuk menerbitkan surat keputusan penetapan hasil perolehan suara berdasarkan putusan MK," ujar Anwar, Jumat (30/7/2021)

Untuk diketahui, Pilkada Labuhanbatu harus berakhir dengan dua kali menggelar PSU sesuai perintah MK. Sebab, hasil Pilkada Labuhanbatu 9 Desember 2020 digugat ke MK oleh pasangan Erik-Ellya yang memeroleh suara terbanyak kedua, ketika itu. Dalam Pilkada tersebut, Andi Suhaimi-Faizal Amri memeroleh suara terbanyak dari empat pasangan calon lainnya, yakni 88.130 suara (37,20 persen).

Menindaklanjuti gugatan Erik-Ellya, kemudian MK pada Senin (22/3/2021) memutuskan memerintahkan agar KPU Labuhanbatu melaksanakan PSU di 9 TPS, karena menemukan adanya pelanggaran pemilihan.

Dan digelar PSU pada 24 April 2021. Hasil dari PSU itu pasangan Erik-Ellya unggul di delapan TPS, sedangkan pasangan Andi-Faizal hanya menang di satu TPS.

KPU Labuhanbatu pun lalu melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil PSU di sembilan TPS ditambah 1.052 TPS lainnya di Labuhanbatu, pada 27 April 2021. Ketika itu pasangan Erik-Ellya memeroleh 88.493 suara. Sementara pasangan Andi-Faizal mendapatkan 88.183 suara.

Baca juga: INI Waktu Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS Labuhan Batu setelah Keputusan MK

Tak terima, pasangan Andi-Faizal pun menggugat hasil pelaksanaan PSU ke MK, dengan dalil telah terjadi pelanggaran pemilihan. MK kemudian lewat putusan sela, memerintahkan KPU Labuhanbatu untuk kembali melaksanakan PSU di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan.

Pada PSU Jilid II ini yang berlangsung di dua TPS pada 19 Juni 2021. Hasilnya Erik-Ellya meraih 440 suara sementara Andi-Faizal memeroleh 410 suara. KPU Labuhanbatu pun telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kabupaten PSU jilid II yang dilaksanakan pada Senin (21/6) lalu. Kemudian hasilnya pun telah dilaporkan secara resmi oleh KPU Labuhanbatu ke MK pada Jumat (25/6).

Selisih 83 Suara

UNTUK diketahui, rincian perolehan suara seluruh peserta Pilkada Labuhanbatu pasca-PSU jilid II, yakni pasangan Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap mendapat 19.552 suara.

Lalu pasangan Erik-Ellya meraup 88.381 suara, pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar memeroleh 88.298.

Kemudian pasangan Abdul Roni-Ahmad Jais meraih 28.348 suara dan terakhir pasangan Suheri Pane-Irwan Indra mendapat 12.734 suara.

Sehingga diketahui bahwa selisih perolehan suara antara pasangan Erik-Ellya dan Andi-Faizal dalam pemilihan kali ini hanya 83 suara. (ind/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved