Breaking News:

Bareng Dekranasda, Bank Sumut Gelar Lelang Produk UMKM

Bank Sumut telah memiliki Sentra Usaha Kecil dan Mikro (Sentra UMKM) yang difokuskan untuk mengembangkan pembinaan kepada pelaku UMKM.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni

TRIBUN–MEDAN.com, MEDAN- PT Bank Sumut bersama Dekranasda Provinsi Sumatera Utara menggelar lelang produk-produk UMKM secara online. Sebanyak 53 produk UMKM dilelang melalui Kedai. Tenunan dan kain khas budaya Melayu diikutsertakan dalam kegiatan ini.

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan menjelaskan, Bank Sumut berkomitmen terus meningkatkan penyaluran kredit produktif terutama di sektor kredit UMKM dan membantu pelaku usaha UMKM dari dampak pandemi Covid-19.

“Per Juni 2021, total penyaluran kredit UMKM Bank Sumut mencapai Rp 7,5 triliun dengan perincian penyaluran KUR Rp 1,2 triliun dan kredit UMKM lainnya Rp 6,3 triliun dengan total jumlah nasabah sebanyak 60.005 debitur,” ujarnya.

Baca juga: Bank Sumut Jadi Bank Penempatan dan Mitra Investasi, Share Nasabah Haji Capai 31,8 Persen

Irwan juga menyampaikan selain berkontribusi menyediakan akses permodalan bagi UMKM. PT Bank Sumut juga mendukung pengembangan UMKM dengan melakukan pembinaan dan membantu promosi usaha.

Dan selama ini Bank Sumut telah memiliki Sentra Usaha Kecil dan Mikro (Sentra UMKM) yang difokuskan untuk mengembangkan pembinaan kepada pelaku UMKM.

Bank Sumut juga telah memiliki platform digitalisasi Pojok UMKM secara online untuk membantu promosi kegiatan bagi pelaku UMKM agar dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan hasil usahanya.

Acara yang dilangsungkan pada Jumat (20/7/2021) tersebut diikuti Ketua Dekranasda Provsu Ny Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua Ny Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah secara virtual melalui zoom meeting di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

Sementara Direktur Bisnis dan Syariah Irwan bersama Komisaris Utama Bank Sumut Syaiful Azhar dan Kepala Kanwil DJKN Sumut Tedy Syandriadi serta Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut Syafrizalsyah mengikuti dari Gedung Kantor Pusat Bank Sumut Jl Imam Bonjol Medan.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Ny Nawal Edy Rahmayadi menyambut baik program Pelaksanaan Kedai lelang UMKM yang merupakan inisiasi dari DJKN Sumut dan Bank Sumut tersebut.

“Dekranasda Provinsi Sumatera Utara berkomitmen terus mendukung pelaku ekonomi kreatif, memberikan wawasan dan terobosan, serta terus menguatkan branding nasional agar dapat mencapai keberhasilan pemasaran produk kerajinan daerah ketingkat yang lebih tinggi. Dekranasda Provinsi Sumatera Utara berupaya menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan industri kerajinan yang modern dan relevan dengan gaya hidup masyarakat urban yang aktif dan dinamis” tuturnya.

Kepala Kanwil DJKN Sumut Tedy Syandriadi juga menyampaikan pelaksanaan lelang ini bertujuan untuk memasyarakatkan branding lelang, menggali potensi pasar produk UMKM dan berkontribusi meningkatkan penerimaan negara dari hasil lelang. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh KPKNL di Indonesia.

Sumber: Tribun Medan
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved