News Video

Pihak RSU Kabanjahe Sebut Ketersediaan Oksigen Masih Aman, Stok Tersedia 71 Tabung

Di tengah kebutuhan oksigen yang kian meningkat, pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, menyatakan jika ketersediaan oksigen di RS ini masih aman.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Di tengah kebutuhan oksigen yang kian meningkat, pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, menyatakan jika ketersediaan oksigen di rumah sakit ini masih aman.

Diketahui, di berbagai daerah saat ini sedang mengalami peningkatan penggunaan oksigen untuk penderita Covid-19.

Berdasarkan keterangan dari Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, hingga saat ini pihaknya masih memiliki ketersediaan oksigen yang cukup untuk kebutuhan pasien.

Dirinya mengatakan, di rumah sakit ini pihaknya setiap hari memiliki pasokan oksigen sebanyak 71 tabung dengan ukuran 1,5 meter.

"Untuk RSU Kabanjahe sampai saat ini ketersediaan masih mencukupi. Kita memiliki tabung oksigen sebanyak 71 tabung," ujar Arjuna, saat ditemui di RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Selasa (3/8/2021).

Arjuna menjelaskan, untuk setiap harinya pihaknya dapat menggunakan oksigen untuk kebutuhan pasien baik yang menderita Covid-19 maupun selain Covid-19, sebanyak 25 hingga 30 tabung pet harinya.

Dirinya mengatakan, jika ada beberapa tabung yang sudah habis dipakai pihaknya akan lansung mengabarkan pemasok untuk kembali diisi.

"Jadi begitu habis lansung datang dari pemasok, mudah-mudahan masih tetap aman," katanya.

Diketahui, saat ini kebutuhan penggunaan oksigen banyak dibutuhkan oleh pasien yang menderita Covid-19. Sementara, Arjuna menjelaskan saat ini jika pasien di luar Covid-19 yang menggunakan oksigen jumlahnya menurun.

Sehingga, dirinya mengatakan pihaknya memastikan untuk kebutuhan oksigen bagi penderita Covid-19 yang dirawat di RSU Kabanjahe masih aman.

"Saat ini, pasien selain Covid-19 juga menurun. Jadi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 kita di mana saat ini ada 28 pasien masih aman," ucapnya.

Dengan tingginya kebutuhan oksigen terutama bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, ditakutkan harga oksigen dari pemasok menjadi naik.

Ketika ditanya perihal hal ini, Arjuna menjelaskan jika sampai saat ini pihaknya mendapatkan pasokan oksigen dari pemasok masih dengan harga yang terbilang stabil. Dirinya mengatakan, untuk pasokan oksigen sendiri pihaknya mendapatkannya dari pemasok yang ada di Kabanjahe.

(cr4/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved