Breaking News:

Ketika Wakil Bupati Langkat Menyulut Semangat Anggota Paskibra: Kalian Calon Pemimpin

Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar upacara pembukaan, pembekalan dan pelatihan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Bupati Langkat, Syah Afandi memberikan semangat kepada anggota Paskibra Kabupaten Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT - Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar upacara pembukaan, pembekalan dan pelatihan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kabupaten Langkat di Aula Gedung Akper PAL, Kota Stabat, Selasa (3/8/2021). 

Upacara ini dipimpin Wakil Bupati Langkat, Syah Affandi.   Ia berharap keseriusan dari seluruh anggota Paskibra Langkat agar pelaksanaan upacara Kemerdekaan ke 76 di Alun-alun T Amir Hamzah berjalan dengan lancar.

"Jadi harus dipersiapkan mentalnya dengan baik," ujarnya. 

Baca juga: Viral Preman Bermotor Palak Sopir Truk di Langkat, Adang dan Lempari Truk Pakai Batu

Baca juga: Barbuk Hilang Sempat Dipakai Mantan Kajari Langkat, Jamwas Kejagung Turun Tangan

Baca juga: Mahasiswa UINSU Tanam 1000 Pohon di Kecamatan Hinai, Begini Respon Wakil Bupati Langkat

Ia menambahkan, seluruh anggota Paskibra merupakan calon pemimpin Kabupaten Langkat.  "Lebih baik bermandikan keringat diwaktu latihan, dari pada bercucuran air mata karena penyesalan dalam kegagalan," katanya. 

Menurutnya, seluruh anggota Paskibra Langkat punya beban berat tetapi bisa terasa ringan apabila dijalankan dengan tulus, ikhlas serta melaksanakan dengan sungguh-sungguh. 

Sedangkan, penanggung jawab kegiatan, Ede Audia Helmi sekaligus Kabid Bina Kepemudaan Dispora Langkat, menjelaskan, peserta Paskibra adalah siswa - siswi terbaik dari SMA/SMK/MA sederajat di Langkat,  terpilih melalui seleksi yang ketat. 

Dijelaskannya, penjaringan dan penyaringan diambil dari 4 wilayah pelaksanaan, jumlah peserta ikut seleksi sebanyak 1009 orang, terdiri dari putra 540 dan 469 putri. 

"Mereka berasal dari 86  SMA/SMK/MA sederajat di Langkat, yang diutus dari masing-masing sekolahnya," ujarnya. 

Baca juga: Berikut Ini Perintah Bupati Langkat Terhadap ASN, Diminta Beri Pelayanan untuk Masyarakat

Baca juga: Pesan Sekda Langkat dengan Dua Siswa yang Lolos Paskibra Pemprov Sumut

Baca juga: Selamat Atas Kerja Nyata Pemkab Langkat Melindungi Hak dan Perlindungan Anak, Raih Penghargaan Ini

Hingga akhir seleksi tingkat Kabupaten, sebut Ade, hanya menyisakan peserta sebanyak 60 orang, terdiri dari 27 putra dan 31 putri yang berasal dari 25 sekolah di 16 Kecamatan yang ada di Langkat. 

Selanjutnya, Ade menyampaikan, para peserta yang lolos akan dikarantina untuk pelatihan dan pembekalan. Selama dalam masa karantina, para peserta akan mengikuti materi pelatihan Paskibraka. Di antaranya materi bela negara, peran pelajar dalam menjaga ketertiban nusantara, narkoba dan penyakit menular seksual. 

"Serta materi tentang kependidikan,  peran serta pemuda pemudi, motivasi dan semangat kepemudaan, dasar- dasar peraturan baris berbaris dan teknik, serta materi formasi pasukan pengibar bendera merah putih," ungkapnya. 

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved