Breaking News:

Info Kesehatan

Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Simak 4 Tips Berikut Ini Agar Tak Tertular

Langkah-lagkah ini harus diperhatikan agar anggota keluarga yang merawat pasien Covid-19 di rumah tidak tertular.

TRIBUN MEDAN/HO
Ilustrasi isolasi mandiri - Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Simak 4 Tips Berikut Ini Agar Tak Tertular 

TRIBUN-MEDAN.com - Berikut adalah cara aman merawat pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Langkah-lagkah ini harus diperhatikan agar anggota keluarga yang merawat pasien Covid-19 di rumah tidak tertular.

Pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Pasien Covid-19 meski tanpa gejala tetapi memiliki komorbid atau berusia di atas 45 tahun juga dianjurkan menjalankan isolasi terpusat di fasilitas milik pemerintah.

Selain itu aspek rumah juga menjadi syarat di mana rumah yang bisa dijadikan tempat isolasi mandiri adalah rumah dengan kamar terpisah untuk pasien Covid-19 dan memiliki kamar mandi yang berbeda.

Sebagaimana orang yang sedang sakit, pasien Covid-19 juga membutuhkan dukungan dan perawatan dari keluarga terdekat.

Komunitas Gerakan Siantar Peduli Isoman menyalurkan paket bantuan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri, Jumat (30/5/2021).
Komunitas Gerakan Siantar Peduli Isoman menyalurkan paket bantuan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri, Jumat (30/5/2021). (TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI)

Orang yang merawat pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah juga dianjurkan merupakan orang yang sehat dan bukan menjadi orang yang rentan terhadap perburukan kesehatan seperti lansia dan orang dengan komorbid.

Selain itu, dr. Vito A. Damay, Sp. JP, M.Kes. yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembulu darah di rumah sakit Siloam, Karawaci, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapat merawat pasien Covid-19 dengan aman.

1. Tetap jaga jarak dan menggunakan masker

Orang yang bertugas merawat pasien Covid-19 dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker sesering mungkin.

Pasien Covid-19 juga dianjurkan untuk menggunakan masker jika berinteraksi dengan anggota keluarga lain secara langsung.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved