Breaking News:

Dinkes Karo Tunggu Kedatangan Vaksin Moderna, Direncanakan Akan Terima Sebanyak 2500 Dosis

Kendala utama saat ini dikarenakan pihaknya masih berusaha menyediakan angkutan untuk membawa vaksin tersebut.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ ALIJA
Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Karo Arie O Lopiga, saat ditemui di Kantor Dinkes Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (6/8/2021).   

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo, hingga saat ini masih menunggu kedatangan vaksin moderna yang telah tersedia di provinsi.

Diketahui, vaksin baru ini nantinya digunakan untuk keperluan booster bagi tenaga kesehatan yang bertugas.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karo Arie O Lopiga, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan provinsi untuk pasokan vaksin Kabupaten Karo.

Dirinya mengatakan, kendala utama saat ini dikarenakan pihaknya masih berusaha menyediakan angkutan untuk membawa vaksin tersebut.

Baca juga: Ketika Presiden AS Sebut Jakarta Akan Tenggelam 10 Tahun Lagi, Pakar ITB Malah Sebut 112 Kota/Kab

"Kita belum, karena masih mau kita jemput ke provinsi. Tapi kita sudah dapat angkutan untuk membawa vaksin ini, karena memang perlakuannya lebih harus diperhatikan dibandingkan vaksin sebelumnya," ujar Arie, saat ditemui di Kantor Dinkes Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (6/8/2021).

Arie menjelaskan, untuk vaksin moderna ini harus disimpan di lemari pendingin khusus dengan suhu beku yang harus terjaga di angka minus 20 derajat celcius. Dirinya mengatakan, pihaknya saat ini telah mendapatkan angkutan khusus yang dapat membawa vaksin ini karena memiliki pendingin yang memenuhi standar.

"Kita sudah dapat kendaraan yang ada cold boxnya, kemungkinan vaksin ini akan kita jemput hari Selasa atau Rabu depan," ucapnya.

Ketika ditanya berapa banyak pasokan vaksin yang akan didapat Pemkab Karo, Arie mengatakan jika sesuai dengan permintaan mereka mendapatkan sebanyak 2500 dosis vaksin moderna.

Dirinya mengatakan, angka ini sesuai dengan kebutuhan jumlah tenaga kesehatan dan unsur pendukungnya.

"Ini memang sesuai dengan jumlah Nakes asisten Nakes dan tenaga pendukung lainnya. Jadi semua yang bekerja di fasilitas kesehatan akan mendapatkan satu dosis," katanya.

Baca juga: Cerita Artis Elma Theana Tertipu saat Berbelanja Online, Ternyata Begini Penyebabnya, Waspadalah!

Arie kembali menjelaskan, untuk vaksin moderna ini penanganannya cukup berbeda dengan vaksin sebelumnya.

Dirinya mengatakan, untuk vaksin ini harus berada di titik beku di bawah 20 derajat celcius, dan saat vaksin ini sudah mencair harus segera dipergunakan.

Ketika ditanya bagaimana nantinya penyaluran vaksin ini bagi tenaga kesehatan, dirinya mengatakan jika pihaknya akan kembali melihat seperti apa kondisi saat vaksin ini sudah tiba. Namun, hingga saat ini direncanakan penyaluran vaksin ini nantinya akan dilakukan di satu tempat mengingat suhu vaksin yang harus terus dijaga.

(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved