Breaking News:

Dosen dan Mahasiswa UISU Lolos Program Kampus Mengajar Kemendikbud

4 (empat) Dosen UISU dan 12 Mahasiswa UISU lolos mendapatkan hibah untuk mengikuti program Kampus Mengajar selama 3 bulan.

Editor: Ismail
Dok. Humas UISU
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg serta seluruh Wakil Rektor saat menghadiri rapat kerja Universitas beberapa waktu lalu juga membahas tentang implementasi konsep MBKM di UISU. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 4 (empat) Dosen UISU dan 12 Mahasiswa UISU lolos mendapatkan hibah untuk mengikuti program Kampus Mengajar selama 3 bulan.

Keseluruhan dosen dan mahasiswa UISU mendapatkan penempatan di beberapa satuan pendidikan yang berlokasi di Kota Medan dan Deli Serdang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd mengapresiasi keberhasilan dosen dan mahasiswa UISU yang lolos mendpatkan hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Kepada wartawan, Selasa (3/8), Dr. Liesna Andriany, MPd menjelaskan bahwa proses seleksi terhadap dosen dan mahasiswa itu berlangsung secara online di awal semester lalu.

“Program Kampus Mengajar Kementian Pendidikan dan Kebudayaan ini sudah berlangsung selama 2 tahun,” ujarnya.

Tahun sebelumnya yang lolos 5 mahasiswa Pendidikan Matematika dan 3 mahasiswa Prodi Akuntasi.  Sementara, untuk tahun ini berdasarkan pengumuman yang disampaikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yakni 4 orang dosen dan 12 mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd saat menyampaikan materi diseminasi pelaksanaan PPG beberapa waktu lalu.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd saat menyampaikan materi diseminasi pelaksanaan PPG beberapa waktu lalu. (Dok. Humas UISU)

Adapun dosen yang lulus yakni Desi Novita, S. P, M. Si dari Prodi Agribisnis yang ditugaskan di SD Swasta IT Aisyah Maksum              Medan, Sheila Fitriana, M. Pd Prodi Pendidikan Fisika ditugaskan di SDN 13 Urat Timur Samosir, Nana Mardiana, M. Pd Prodi Pendidikan Fisika  ditugaskan di SDN 091379 Sigarantung Simalungun, Ratna Soraya, S. Pd, M. Hum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ditugaskan di (PBSI) SD Swasta Nasrani Medan.

Sedangkan mahasiswa UISU yang lolos yakni Siti Khairia Sapitri Prodi PBSI ditugaskan di SD Swasta IT Tahfidzul Quran Al Umm Smart Centre Deli Serdang, Mestika Sari Prodi PBSI ditugaskan di UPT SDN 060908 Medan, Riska Gustiarti Prodi Matematika ditugaskan di UPT SPF SDN 104269 Pintu Besi Deli Serdang, Muhammad Zakaria Manurung Prodi Matematika ditugaskan di SDS Muhammadiyah 32 Medan.

Kemudian Ismawati Prodi Matematika ditugaskan di UPT SPF SDN 106446 Bintang Meriah Deli Serdang, Nurida Saragih Prodi Matematika ditugaskan di UPT SDN 060809 Medan, Siti NurainiProdi Matematika ditugaskan di UPT SDN 067090 Medan, Siti Nurjannah Prodi Matematika ditugaskan di UPT SPF SDN 101828 Gelugur Kebun Deli Serdang, Syahidatul Nadila Lubis Prodi Matematika ditugaskan di SD Swasta Pembangunan Deli Serdang.

Lalu ada Lutvia Nurhidayah Prodi Matematika ditugaskan di UPT SMP N 27 Medan, Nur Latifah Prodi Sastra Inggris ditugaskan di UPT SPF SDN 107420 Desa Tengah Deli Serdang dan Tiara Habibi Suwandi Prodi Matematika ditugaskan di UPT SPF SMP N 2 Tanjung Morawa Deli Serdang.

Dijelaskan Dr. Liesna Andriany, MPd bahwa mahasiswa yang lolos program hibah Kampus Mengajar akan ditugaskan selama 3 bulan untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan menyesuaikan pola pembelajaran yang sedang berlangusng di masing-masing sekolah penempatan.

Selain mendapat bantuan UKT, katanya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan memberikan fasilitas lain beruapa uang saku. “Selanjutnya, fakultas dan program studi akan menkonversi kegiatan mahasiswa itu dalam hitungan SKS yakni sebanyak 12 SKS,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, program Kampus Mengajar ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Sedangkan untuk dosen yang lolos, bertugas menjadi dosen pembimbing lapangan dan mengawasi program yang dijalankan mahasiswa berdasarkan sekolah penempatan masing-masing.

Sementara itu, Desi Novita, S. P, M. Si dari Prodi Agribisnis mengatakan tugas mereka sebagai dosen pembimbing lapangan mengawasi program dan kegiatan yang dilakukan mahasiswa di sekolah.

Ada 2 hal penting yang menjadi fokus program dan kegiatan mahasiswa terkait peningkatan literasi dan numerasi siswa di sekolah. “Misalnya bagaimana cara meningkatkan minat baca dan minat belajar siswa di sekolah,” ujar Desi. (***)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved