Breaking News:

Bisnis Properti Kembali Bangkit, Setelah Dihantam Pandemi

... kini pihaknya mulai kembali meraup untung dari bisnis penjualan rumah hingga apartemen.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING
Founder PetaRumah Edward Sofian melihat transkasi jual beli rumah mulai menggeliat setelah terpuruk akibat pandemi. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Sempat terpuruk akibat pandemi covid-19 yang menghantam Indonesia sejak awal 2020 lalu hingga mengalami penurunan omzet sampai 50 persen, bisnis properti kini mulai menggeliat kembali.

Hal ini diakui oleh pengusaha muda yang juga Founder PetaRumah, Edward Sofian. Ia mengatakan, setelah sempat terpuruk, bisnis properti pun kini mulai kembali menjadi primadona di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai agen yang merambah bisnis developer maupun agen properti ini, kini pihaknya mulai kembali meraup untung dari bisnis penjualan rumah hingga apartemen.

"Penurunan transaksi jual beli properti memang menurun di awal kemunculan virus corona, di mana hanya bisa menjual beberapa unit rumah ketika itu. Namun, perlahan sektor properti mulai kembali bergairah. Saat ini sektor properti sudah mulai beradaptasi dengan keadaan pasar di masa Pandemi Covid-19," tuturnya, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: KISAH Inspiratif Muhammad Rafi, Mahasiswa USU Kelahiran Binjai yang Sukses Berbisnis Properti

Edward menurutkan, sebelum adanya pandemi, ia mampu menjual hingga 20 sampai 30 unit properti per bulannya. Namun, penjualan menurun drastis bahkan hanya berkisar laku 7 sampai 10 unit.

"Setelah Hari Raya Idul Fitri kemarin, penjualan sudah kembali normal. Sudah bisa jual 20 sampai 30 unit setiap bulan," ungkapnya.

Ia yakin, bisnis properti akan tetap eksis di masa yang akan datang. Sebab, menurutnya, setiap manusia atau orang akan mencari properti baik untuk tempat tinggal ataupun investasi.

"Penjualan properti untuk komersil seperti ruko dan sebagainya memang belum sepenuhnya normal. Tapi untuk properti hunian perlahan bangkit dan kembali normal," ungkapnya.

Kini, setelah 15 tahun bergelut di dunia properti sebagai agen, Edward pun melebarkan sayapnya dengan menjadi developer, membangun dan menjual rumah yang dibangunnya sendiri.

Dengan mengusung #mulaidarimimpi, pembangunan properti pertamanya diberi nama Yukio Sentani dan berlokasi di Jalan Danau Ranau, Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah.

Rumah yang dibangun nantinya ada 6 unit, mengusung konsep industrialis. Rumah tipe 148 itu berdiri di atas lahan 6x23 meter.

"Bangunannya 6x12 meter, banyak sisa tanah untuk halaman depan dan belakang. Lokasinya di pusat kota, cukup strategis," ujarnya.

Dengan lingkungan yang asri dan konsep ruang terbuka di bagian belakang dan depan rumah, Edward meyakini Yukio Sentani dapat memberikkan kenyamanan sendiri bagi penghuninya nanti.

Rencananya proyek Yukio Sentani akan mulai dibangun Oktober 2021 mendatang.

"Untuk pengerjaan diproyeksikan selama 12 bulan. Harganya Rp 1,6 miliar. Khusus di bulan Agustus atau bulan kemerdekaan ada diskon Rp 100 juta. Dari 6 rumah yang akan dibangun, 3 diantaranya sudah terjual," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved