Breaking News:

Penumpang Penerbangan Tujuan Sumut Wajib Vaksin

... setiba di bandar udara tujuan diberlakukan pemeriksaan kesehatan secara ulang atau acak yang dilakukan oleh lembaga setempat ...

Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan
KNIA telah tersedia fasilitas layanan tes Covid-19, fasilitas layanan tersebut, terletak di area terminal lantai Mezanine Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang. 

TRIBUN–MEDAN.com, MEDAN - Seluruh penumpang dengan tujuan Sumatera Utara diwajibkan telah menjalani vaksinasi minimal dosis 1 dan Rapid Test Antigen yang berlaku 1x24 jam atau PCR berlaku 2x24 jam. Hal ini disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (12/8/2021).

Ketentuan penerbangan domestik pada periode 12 Agustus 2021 sampai 16 Agustus 2021 dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan upaya pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19, yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kategori Level 4 Sumatera Utara.

"Penerbangan dari dan ke bandar udara di Sumatera wajib memperhatikan dan mengikuti beberapa syarat yaitu setiba di bandar udara tujuan diberlakukan pemeriksaan kesehatan secara ulang atau acak yang dilakukan oleh lembaga setempat, " ujar Danang.

Baca juga: Polri Bakal Razia Massal Secara Acak Semua Lokasi Pelayanan Rapid Setelah Alat Bekas di Bandara KNIA

Beberapa syarat lainnya seperti batasan usia hanya bagi di atas 12 tahun yang bisa melakukan penerbangan.  Serta wajib PCR atau Test Antigen dimana hasil PCR dan Test Antigen akan masuk dalam data dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Begitu pula bagi penumpang tujuan atau dari Sumatera Utara wajib melakukan vaksin minimal dosis 1 dan menunjukkan sertifikat vaksin. Kartu atau sertifikat vaksin akan masuk dalam data dan tercatat secara elektronik dengan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi menampilkan/ menunjukkan data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional.

Calon penumpang diharapkan mengunduh dan registrasi aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/.

Setiap calon penumpang setelah dilakukan pengambilan sampel dan uji hasil RT-PCR akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan secara elektronik (digital), berisi data valid serta terintegrasi platform dimaksud.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved