Breaking News:

Masyarakat di Karo Bakal Dapat Suntikan Vaksin Moderna, Jatahnya Sudah Diterima Dinas Kesehatan

Masyarakat di Kabupaten Karo dalam waktu dekat akan mendapatkan suntikan vaksin Moderna dari pemerintah daerah

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Array A Argus
HO
Personel Polres Tanah Karo, melakukan pengamanan penjemputan vaksin moderna dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara ke Dinkes Kabupaten Karo, Jumat (13/8/2021) kemarin. (TRIBUN MEDAN/HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM,KARO-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo kembali menerima pasokan vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara.

Nantinya, vaksin moderna ini akan diperuntukkan bagi masyarakat.  

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karo Arie O Lopiga mengatakan, vaksin moderna sudah diterima sejak Jumat (13/8/2021) kemarin. 

Arie mengatakan, jumlah vaksin yang diterima ada 350 vial.

Baca juga: Belum Capai Target, Ini Laporan Bobby Nasution pada Panglima TNI dan Kapolri Soal Vaksinasi

Dengan total vial tersebut, maka Dinkes Karo memiliki tambahan vaksin sebanyak 7.420 dosis lagi.

"Benar, kemarin kita menerima vaksin moderna lagi, sebanyak 350 vial. Di mana satu vial berisi 14 dosis," ujar Arie, Minggu (15/8/2021).

Arie mengatakan, vaksin yang tiba ini bukan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

"Yang baru datang kemarin untuk masyarakat. Kalau untuk Nakes, ya masih yang 1.400 dosis kemarin. Karena memang sudah ada petunjuknya," ungkapnya.

Arie menjelaskan, nantinya 350 vial vaksin moderna ini akan dibagikan kepada masyarakat baik dengan proses vaksinasi massal, maupun di Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karo.

Baca juga: Polres Binjai Bantah Adanya Kericuhan di GOR Saat Vaksinasi Tahap Pertama

Berbeda dengan Nakes, vaksin moderna ini bukan untuk dosis ketiga atau booster bagi masyarakat, melainkan pemberiannya sama seperti proses vaksinasi sebelumnya dimana untuk dosis pertama dan kedua.

"Sama saja seperti sebelumnya, ini untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi. Jadi yang belum dapat, sekarang sudah diberikan vaksin moderna," ucapnya.

Diketahui, di beberapa wilayah vaksinasi juga sudah mulai disalurkan bagi masyarakat dengan usia yang berada di bawah usia 17 tahun atau pelajar.

Ketika ditanya perihal ini, Arie mengatakan pihaknya kemarin telah mulai melakukan vaksinasi bagi pelajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca juga: Organisasi Profesi Kesehatan di Siantar dan Simalungun Minta Pemda Tak Buat Vaksinasi Massal

Lebih lanjut, dirinya mengatakan sesuai dengan petunjuk yang ada untuk pelajar dan masyarakat dengan usia di bawah 18 tahun bisa diberikan vaksinasi menggunakan vaksin produksi Sinovac.

Sedangkan untuk vaksin moderna sendiri, diperuntukkan kepada masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas. (cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved