Breaking News:

Perkiraan Nilai Ekuitas USD 2,5 Miliar, Kredivo Umumkan Jadi Perusahaan Publik

Telkom Grup turut menyambut baik rencana Kredivo untuk menjadi perusahaan publik sekaligus sebagai unicorn.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/HO
Kredivo. (TRIBUN MEDAN/HO) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Langkah investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di bisnis digital mulai berbuah manis. Hal ini lantaran Kredivo, platform pembayaran keuangan digital berbasis kredit yang merupakan startup portofolio MDI Ventures, baru saja mengumumkan rencananya untuk menjadi perusahaan publik.

Rencana besar Kredivo akan diawali dengan langkah merger bersama anak perusahaan Victory Park Capital (VPC), perusahaan global investment yang berkantor pusat di Chicago. Dengan nilai ekuitas yang diprediksi akan mencapai USD2,5 miliar, maka Kredivo memasuki era baru sebagai unicorn.

MDI Ventures, anak usaha Telkom melakukan pendanaan di Kredivo sejak 2018, dilanjutkan dengan pendanaan kedua pada tahun berikutnya bersama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Baca juga: Jadi Komisaris Telkom, Segini Perkiraan Penghasilan Abdee Slank hingga Bakal Dihujani Bonus Melimpah

Ada pun nilai investasi saat itu sekitar 8 persen dari total pendanaan putaran pertama yang dilakukan MDI Ventures. Dengan nilai ekuitas Kredivo yang diprediksi setelah menjadi perusahaan publik nantinya, nilai investasi MDI Ventures di Kredivo diperkirakan akan menghasilkan capital gain yang signifikan.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengungkapkan bahwa Telkom Grup turut menyambut baik rencana Kredivo untuk menjadi perusahaan publik sekaligus sebagai unicorn.

"Ini merupakan buah manis dari strategi dan komitmen investasi Telkom di bisnis digital yang dijalankan melalui MDI Ventures dan TMI sudah on the track. Tidak hanya potensi capital gain yang mungkin dapat kami peroleh, hal terpenting yang diharapkan dari investasi ini tentunya synergy value dengan startup portofolio MDI akan mendukung pengembangan bisnis digital Telkom, khususnya pada domain platform dan services," ungkap Budi, Minggu (15/8).

Dengan kehadiran Kredivo sebagai unicorn dalam waktu dekat nantinya akan menambah daftar keberhasilan MDI Ventures dalam berinvestasi, di mana sebelumnya Nium, startup portofolio MDI juga telah menjadi unicorn pembayaran B2B pertama dari Asia Tenggara dengan valuasi di atas US$1 miliar.

 “Semoga langkah sukses Kredivo ini dapat diikuti oleh startup lokal asal Indonesia yang lahir sebagai unicorn baru, dan TelkomGroup melalui MDI akan terus berupaya untuk mendukung terwujudnya hal tersebut. Dalam waktu dekat mudah-mudahan akan menyusul startup portofolio MDI lainnya yang melakukan IPO di bursa dalam dan luar negeri,” ujarnya.

MDI Ventures merupakan entitas anak usaha TelkomGroup yang bergerak di bidang corporate venture capital dengan aktivitas bisnisnya terdiri dari investing – synergy – portfolio management – value creation dan fundraising.

Pada tahun 2020, MDI Ventures berinvestasi pada 15 startup baru yang tersebar di empat negara, sehingga total MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan global di lebih dari 12 negara.

Pada tahun 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang fintech, agritech, logistic, health, new retail, dan deep tech. Tidak hanya mencari startup-startup yang berpotensi menghasilkan capital gain, namun MDI mengemban tugas untuk mencari startup yang mampu mendorong bisnis digital TelkomGroup dan BUMN melalui synergy value.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja menuturkan bahwa Kredivo menjadi contoh hasil yang ideal untuk investment.

"Kredivo tidak hanya berhasil memberikan capital gain yang berkali-kali lipat untuk investment kami, tapi juga berhasil menghasilkan berbagai proyek sinergi yang successful, memberikan value ke Telkom serta mempercepat performansi Kredivo," ucapnya.

"Karena itu, MDI terus mendukung usaha pembentukan digital bisnis ekosistem di Telkom dan BUMN dengan menggunakan solusi-solusi yang sudah dibuktikan oleh startup-startup yang MDI telah invest seperti Kredivo," pungkas Donald.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved